Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Metode Pemberian Tugas Terhadap Siswa Kelas V SDN 3 Pijot Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Ahmad Syarif Hidayatullah INSTITUT ELKATARIE
Keywords: Prestasi Belajar Matematika, Metode Pemberian Tugas, Sekolah Dasar

Abstract

Peningkatan prestasi belajar matematika sehingga peneliti mengambil judul skripsi peningkatan prestasi siswa terhadap penggunaan metode pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SDN 3 Pijot Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana pembelajaran. Subyek Penelitian Tindakan Kelas  ini  adalah  siswa  kelas  V  SDN 3 Pijot sebanyak  24  siswa. Obyek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika pada siswa kelas V melalui metode pemberian tugas. Instrumen  dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk essay yang dilakukan tiap akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan persentase siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dalam LKS dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN 3 Pijot Kecamatan Keruak. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal. Pada pra tindakan persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 25%. Pada siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 83.3% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 33.3% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal  KKM  siswa  kelas  V  SDN 3 Pijot Kecamatan Keruak secara klasikal adalah 75% .

References

Dewa Ketut Sukardi. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Herman Hudoyo. 1983. Belajar Mengajar Matematika Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK.
IB Netra. 1974. Statistik Infrensial. Surabaya Indonesia: Usaha Nasional.
I Nyoman Dantes. 1986. Metodologi Penelitian. Denpasar: STKIP Singaraja.
. 1990. Strategi Belajar Mengajar. IKIP Malang.
Karso. 1993. Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurkencana. 1984. Evaluasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Usaha Nasional.
Poerwadarminta. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ridwan. 1995. Pengantar Metode Statistika. Selong: STKIP Hamzanwadi.
Russefendi E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Slameto. 1986. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi. 2000. Petunjuk Guru Matematika 3 SLTP. Jakarta: Depdikbud.
Soedidjono. 1997. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soedjono. 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Soleh. 1988. Pokok-Pokok Pengajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Sudjana. 1986. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Published
2020-01-07
How to Cite
Hidayatullah, A. S. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Metode Pemberian Tugas Terhadap Siswa Kelas V SDN 3 Pijot Tahun Pelajaran 2018/2019. Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(No 2), 13-21. https://doi.org/10.1234567/al ilm.v1i2.3737
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.