Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Standar Kompetensi Zaman Pra-Aksara Kelas X Madrasah Aliyah Al Ikhlas Setungkep

Bahasa Indonesia

  • Zaini Abdul Hanan
Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Audio Visual; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Audio Visual. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Madrasah Aliyah Al Ikhlas Setungkep Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Timur tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 2 kelas (X.IIS) dengan jumlah 50 siswa. Semua populasi di atas menjadi subjek penelitian dengan pertimbangan jumlah populasi kurang dari 100 orang, sehingga memungkinkan dilakukan penelitian populasi. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket dan soal tes. Untuk mengetahui validitas isi instrumen dengan mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan korelasi biserial. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus Alpha Chronbach, dengan koefisien reliabilitas angket sebesar 0,846 dan reliabilitas tes sebesar 0,856. Prasyarat Normalitas data menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dan Homogenitas dihitung menggunakan rumus One-Way Anova. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample t-test dengan bantuan komputer program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa yang menggunakan media Audio Visual lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media Audio Visual. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada data angket setelah perlakuan yang memperoleh thit = 2,356 lebih besar dari ttabel 5% : 1,677 dan p : 0,023; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media Audio Visual lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media Audio Visual. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada nilai posttest yang memperoleh thit : 5,150 lebih besar dari ttabel5% : 1,677 dan p : 0,000. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Audio Visual berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

References

Ali, R. Moh. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. PT LKiS Pelangi Aksara. Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
-------------------------. 2011. Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).
Bumi Aksara. Jakarta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Perkasa. Jakarta.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.
Dimyati. Mudjiono . 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Djaali, H.P. Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. PT. Grasindo. Jakarta. Indonesia
Djamarah, Bahri, Syaiful. Dan Aswan Zain.2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Gagne, Robert M., J Briggs. 1974. Principles of Instructional Design. Holt,Rinehart and Winston. New York. USA
Gredler, E Margaret.2011. Learning and Instruction Teori dan Aplikasi.Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 1989. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. CV Mandar Maju. Bandung. Indonesia.
---------------------.. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hamzah. Amir. 1985. Media Audio Visual. Gramedia. Jakarta.
Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Gaung Persada. Jakarta.
Hergenhahn, BR. Matthew , H, Olson. 2010. Theories of Learning (Teori Belajar). Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching &Learning. Kaifa. Bandung.
John, Elliot. 1998. Action Research for Educational Change. Open University Press. Buckingham. Philadelphia.
Koumi, Jack..2006. Designing Video and Multimedia for Open and Flexible. Learning.Routledge. New York. USA
Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. 2013.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013.Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia no 59 Tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta.

Pargito. 2011.Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Anugrah Utama Raharja. Lombok Timur.
Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung
Rivai,Veithzal. Sylviana Murni. 2012. Education Management Analisis Teori dan Praktik. Rajagrafindo . Jakarta.
Robbins,P, Stephen . 2006. Perilaku Organisasi. PT Indeks. Jakarta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Sadiman, Arief,S. R, Rahardjo.Anung Haryono. Rahardjito. 2012. Media PendidikanPengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Sanjaya, Wina. 2008.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
------------------. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.Jakarta.
Sudjana, Nana. Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Supriyanto. 2007. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Bumi Aksara. Jakarta.
Supardan, Dadang. 2009. Pengantar Ilmu Sosial. Bumi Aksara. Jakarta.
Syah, Muhibin. 2008.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Universitas Pendidikan Indonesia. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Uno, Hamzah B. Nina Lamatenggo.Satria MA Koni . 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Bumi Aksara. Jakarta
Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
-------------------. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara. Jakarta.
Winkel, WS. 2012. Psikologi Pengajaran. Media Abadi. Yogyakarta.
Winardi. 2011. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. PT Rajagrafindo. Jakarta.
------------------. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Santrock, W.John . 2009. Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika .Jakarta.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sardiman, AM. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Smaldino, E Sharon.Deborah L. Lowter & James D. Russell. 2012. Instructional Technologi & Media for Learning Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Syaifulbahri Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Soemanto,Wasty.2012. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Yus Agusyana & Islandscript. (2011). Olah Data Skripsi dan Penelitian Dengan SPSS 19.Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Yusufhadi Miarso.dkk. (1984). Teknologi Komunikasi Pendidikan (Pengertian dan Penerapannya di Indonesia). Jakarta: Pustekkom Dikbud & CV. Rajawali.
Published
2020-06-11
How to Cite
Hanan, Z. A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Standar Kompetensi Zaman Pra-Aksara Kelas X Madrasah Aliyah Al Ikhlas Setungkep: Bahasa Indonesia. Al Ilm Jurnal Ilmu Hukum, 1(No 2), 81-92. https://doi.org/10.1234567/al ilm.v1iNo 2.3881
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.