Penerapan Teknik Cerita Berantai Untuk Meningkatka Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Nangameting

  • Yohanes Ehe Lawota Universitas Nusa Nipa
Keywords: metode cerita berantai, keterampilan berbicara siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk   meningkatkan  keterampilan  berbicara siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan teknik cerita berantai. Penelitian ini   termasuk  Penelitian Tindakan  Kelas (PTK) yaitu   merupakan  suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru  untuk  memecahkan masalah  pembelajaran  dikelasnya. Subyek penelitian ini   adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Nangameting, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini  melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswapada mata pelajara Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukan peningkatan keterampilan berbicara siswa dimana adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rata-rata 64 meningkat menjadi 76. Berdasarkan hasil analisis dan observasi data dilapangan, maka dapat  ditarik sebuah kesimpulan  Bahwa  Penerapan teknik  cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswakelas IV SD Inpres  Nangameting Tahun  Pelajaran   2016//2017.

References

Agustina Firna, 2013. Penerapan metode cerita berantai untuk keterampilan menyimak siswa kelas v sekolah dasar negeri 2 tanjung serang kayu agung kabupaten ogan komering ilir palembang, Palembang : Universitas Bina Darma
Arikunto suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Asih, S.Pd., 2014. Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : pustaka setia.
Azies dan Alwasilah (1996: 93) proses belajar berbicara akan menjadi lebih mudah jika si pembelajar secara aktif terlibat dalam upaya – upaya untuk berkomunikasi.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanum Farida, S.Pd.2014, panduan lengkap membuat karya tulis penelitian dan non penelitian untuk Guru.Yogyakarta : Araska.
Herhyanto Nar,dkk.2012. Statistika Pendidikan. Jakarta , Universitas Terbuka.
Mudini, 2009. Jurnal pembelajaran Berbicara. Departemen Nasional.
Rahmanaunurr. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Santoso Anang, dkk. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta Universitas Terbuka.
Setyono Hendro,dkk, 2012. Pengantar Pendidikan.Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, 2011:131. Data kualitatif dan kuantitatif.
TW. Solhan. 2009. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan (1990) dalam Tarmizi. 2009. Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. http// tarmizi.wordpress.com (online) 2017/02/18/ 18: 37
Tarmizi. 2009. Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. http// tarmizi.wordpress.com (online) 2017/02/18/ 18: 58
https://keterampilanbicara.wordpress.com/2017/02/14/17: 26/ konsep-dasar-bicara/
http://nannyes.blogspot.com/2017/02/14/ 18 : 35 keterampilan-berbicara.html/
https://tarmizi.wordpress.com/2017/02/06/17 : 23 / penerapan-teknik- a cerita-berantai-untuk-meningkatkan-kemampuan-berbicara-siswa.
Published
2018-03-31
How to Cite
Lawota, Yohanes Ehe. “Penerapan Teknik Cerita Berantai Untuk Meningkatka Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Nangameting”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (March 31, 2018): 39 - 51. Accessed May 2, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3128.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.