Penerapan Teknik Cerita Berantai Untuk Meningkatka Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Nangameting
Keywords:
metode cerita berantai, keterampilan berbicara siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan teknik cerita berantai. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Nangameting, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswapada mata pelajara Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukan peningkatan keterampilan berbicara siswa dimana adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dengan rata-rata 64 meningkat menjadi 76. Berdasarkan hasil analisis dan observasi data dilapangan, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan Bahwa Penerapan teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswakelas IV SD Inpres Nangameting Tahun Pelajaran 2016//2017.References
Agustina Firna, 2013. Penerapan metode cerita berantai untuk keterampilan menyimak siswa kelas v sekolah dasar negeri 2 tanjung serang kayu agung kabupaten ogan komering ilir palembang, Palembang : Universitas Bina Darma
Arikunto suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Asih, S.Pd., 2014. Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : pustaka setia.
Azies dan Alwasilah (1996: 93) proses belajar berbicara akan menjadi lebih mudah jika si pembelajar secara aktif terlibat dalam upaya – upaya untuk berkomunikasi.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanum Farida, S.Pd.2014, panduan lengkap membuat karya tulis penelitian dan non penelitian untuk Guru.Yogyakarta : Araska.
Herhyanto Nar,dkk.2012. Statistika Pendidikan. Jakarta , Universitas Terbuka.
Mudini, 2009. Jurnal pembelajaran Berbicara. Departemen Nasional.
Rahmanaunurr. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Santoso Anang, dkk. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta Universitas Terbuka.
Setyono Hendro,dkk, 2012. Pengantar Pendidikan.Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, 2011:131. Data kualitatif dan kuantitatif.
TW. Solhan. 2009. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan (1990) dalam Tarmizi. 2009. Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. http// tarmizi.wordpress.com (online) 2017/02/18/ 18: 37
Tarmizi. 2009. Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. http// tarmizi.wordpress.com (online) 2017/02/18/ 18: 58
https://keterampilanbicara.wordpress.com/2017/02/14/17: 26/ konsep-dasar-bicara/
http://nannyes.blogspot.com/2017/02/14/ 18 : 35 keterampilan-berbicara.html/
https://tarmizi.wordpress.com/2017/02/06/17 : 23 / penerapan-teknik- a cerita-berantai-untuk-meningkatkan-kemampuan-berbicara-siswa.
Arikunto suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Asih, S.Pd., 2014. Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung : pustaka setia.
Azies dan Alwasilah (1996: 93) proses belajar berbicara akan menjadi lebih mudah jika si pembelajar secara aktif terlibat dalam upaya – upaya untuk berkomunikasi.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanum Farida, S.Pd.2014, panduan lengkap membuat karya tulis penelitian dan non penelitian untuk Guru.Yogyakarta : Araska.
Herhyanto Nar,dkk.2012. Statistika Pendidikan. Jakarta , Universitas Terbuka.
Mudini, 2009. Jurnal pembelajaran Berbicara. Departemen Nasional.
Rahmanaunurr. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Santoso Anang, dkk. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Jakarta Universitas Terbuka.
Setyono Hendro,dkk, 2012. Pengantar Pendidikan.Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, 2011:131. Data kualitatif dan kuantitatif.
TW. Solhan. 2009. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan (1990) dalam Tarmizi. 2009. Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. http// tarmizi.wordpress.com (online) 2017/02/18/ 18: 37
Tarmizi. 2009. Penerapan Teknik Cerita Berantai untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. http// tarmizi.wordpress.com (online) 2017/02/18/ 18: 58
https://keterampilanbicara.wordpress.com/2017/02/14/17: 26/ konsep-dasar-bicara/
http://nannyes.blogspot.com/2017/02/14/ 18 : 35 keterampilan-berbicara.html/
https://tarmizi.wordpress.com/2017/02/06/17 : 23 / penerapan-teknik- a cerita-berantai-untuk-meningkatkan-kemampuan-berbicara-siswa.
Published
2018-03-31
How to Cite
Lawota, Yohanes Ehe. “Penerapan Teknik Cerita Berantai Untuk Meningkatka Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Nangameting”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (March 31, 2018): 39 - 51. Accessed May 2, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3128.
Section
Articles
Copyright (c) 2018 Yohanes Ehe Lawota
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.