Pemberian Kompensasi yang Adil

  • Aldi Albani STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Keywords: Sumber daya Manusia, kopensasi, motivasi

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor terpenting dalam sebuah organisasi atau lembaga. Organisasi memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Karena itu, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam sebuah organisasi mutlak diperlukan agar bisa membentuk anggota yang memiliki kinerja bagus dalam melaksanakan tugas demi mencapai tujuan. Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah organisasi atau lembaga sangat bergantung pada motivasi setiap individu dalam melakukan sesuatu. Salah satu yang memengaruhi motivasi Sumber Daya Manusia (SDM) di sebuah organisasi atau lembaga adalah kompensasi yang diberikan kepadanya. Seorang anggota dalam sebuah organisasi akan melakukan pekerjaan dengan baik jika imbalan atau kompensasi yang diberikan kepadanya sepadan dengan apa yang telah ia korbankan atau berikan untuk organisasi tersebut. Kompensasi memang bukan satu-satunya faktor yang bisa memengaruhi motivasi kerja seseorang, namun tanpa adanya kompensasi yang adil maka sebuah organisasi atau lembaga akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada memiliki motivasi yang rendah dalam bekerja sehingga kinerja yang dihasilkan-pun buruk. Lembaga pendidikan merupakan salah satu bentuk organisasi pendidikan. Ada yang formal, informal, dan non-formal. Ada juga yang dibedakan menjadi negeri dan swasta. Dalam kenyataannya, kita juga temukan pembedaan lembaga pendidikan menjadi lembaga pendidikan umum dan agama. Pemberian kompensasi di lembaga pendidikan negeri mungkin sudah diatur dengan sedemikian rupa oleh pemerintah, namun tidak dengan lembaga pendidikan swasta yang tidak memiliki aturan baku dalam pemberian kompensasi. Pemberian kompensasi di lembaga pendidikan khususnya di lembaga pendidikan Islam juga tidak banyak yang memiliki sistem pemberian kompensasi yang baku. Namun, setidaknya sistem pemberian kompensasi yang ada di lembaga pemerintahan dapat dianut oleh lembaga-lembaga swasta, demikian juga di lembaga pendidikan khususnya di lembaga pendidikan Islam. Dalam makalah ini, penulis akan membahas tema tentang analisis pemberian kompensasi di lembaga pendidikan Islam. Melihat belum adanya teori-toeri tentang kompensasi di lembaga pendidikan Islam secara khusus, maka penulis mengambil teori-teori tentang kompensasi di dunia bisnis atau dalam ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) secara umum. Hal ini dimaksudkan agar dapat diadopsi dan diterapkan di lembaga pendidikan Islam. Semua upaya ini dilakukan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di lembaga pendidikan Islam sehingga dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tersebut dapat menciptakan lulusan yang berkualitas juga

References

Cahayani, Ati. 2009. Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Indeks.
Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 2, Terj. Paramita Rahayu. Jakarta: PT Indeks.
Flippo, Edwin B.. tt. Manajemen Personalia, terj. Moh. Masud. Jakarta: Penerbit Erlangga.
http://edukasi.kompasiana.com/2011/05/25/sistem-kompensasi-dalam-organisasi-pendidikan-365650.html.
http://ekonomimanajemen.blogspot.com/2009/01/kompensasi-total.html.
Jones, James J. dan Donald L. Walters. 2008. Human Resource Management in Education. Yogyakarta: Q-Media.
Mangkuprawira, Tb. Sjafri. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Moekijat. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen Kepegawaian). Bandung: Mandar Maju.
Nawawi, Hadari. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Samsudin, Sadili. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sihotang, A.. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Pradnya Paramitra.
Sirait, Justine T.. 2006. Memahami Aspek-Aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PT Grasindo.
Wursanto, Ig.. 1992. Manajemen Kepegawaian 2. Yogyakarta: Kanisius.
Quran In Word Ver. 1.3
Maktabah Syamilah, Al-Sunan Al-Shagir Li Al-Baihaqi, Vol. II.
Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2019-01-24
How to Cite
Albani, Aldi. “Pemberian Kompensasi Yang Adil”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (January 24, 2019): 78 - 91. Accessed May 8, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3415.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.