Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Akhlakulil Banin

  • Syarifudin Syarifudin STIT Al-Aziziyah Lombok Barat
Keywords: Konsep Pendidikan, Akhlakulil Banin

Abstract

Untuk lebih jauh kita mengenal â€Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Akhlakulil Banin†yang meliputi hal berupa konsep yang berarti pemikiran atau ungkapan yang diabstrakkan dari peristiwa kongkret. Kemudian mengenai pendidikan dimana dalam hal ini pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, perbuatan cara mendidik Dalam kitab Akhlakul Banin konsep pendidikan islam dapat dipahami sebagai suatu konsep yang menuangkan pendidikan islam dalam suatu kitab yakni kitab Akhlakul Banin dimana kitab tersebut banyak memberikan gambaran tentang akhlak dalam kehidupan sehari-hari, baik itu pada diri sendiri, orang lain dan juga alam sekitar. Tulisan ini memfokuskan pada ruang lingkup metodologi pendidikan Islam dengan permasalahan utama adalah bagaimana konsep pendidikan islam dlam kitab Ahklakul Banin. Ada tiga pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: pendekatan historis, filosofis dan sosiologis. Penelitian ini  termasuk riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif yang berbentuk literatur dan informasi verbal, dan menggunakan teknik analisis deskriftif analitif, yaitu menganalisa dan menyimpulkan dari pendapat-pendapat yang dikonfirmasikan, dan content analysis, yaitu menganalisis makna yang terkandung dalam asumsi, gagasan, ataupun statemen untuk mendapatkan pengertian dan kesimpulan.

References

Abdullah, Abdurrahman Saleh, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkakn Al-Qur’An, Rineka Cipta, Jakarta 2005
Fajar, A. Malik, Orientasi Pendidikan Islam, Fajar Dunia, Jakarta, 1999
-----------------, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Fajar Dunia, 1999), Cet. I,
Sudjino, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995),
Arief, Armai. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta, Ciputat Pers, 2002)
Al-Munawar, Husein Agil Said. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, (Ciputat Press, Jakarta, 2005)
Assegaf, Abd. Rachman, Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2004), Cet. I,
Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Yayasan Penyelenggara Al-Qur’an, Jakarta 1995
Siswono, Dwi , Ilmu Pendidikan, UNY Press, Yogyakarta, 2007
Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 2006
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan ( Jakarta:PT RajaGrafindo Persada, 2005)
Kunandar, Guru Professional (Jakarta:PT RajaGrafindo Persada, 2007)
Muthahhari, Murtadha, Ceramah-Ceramah Seputar Persoalan Penting Agama dan Kehidupan, (Jakarta: Lentera, 1999) Cet. Ke-1
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta 2001
Gojali, Nanang Manusia Pendidikan dan Sains dalam Tafsir Hemaunistik, Rineka Cipta, Jakarta, 2004
Arifin, Syamsul, Studi Agama Persprktif Sosiologis dan Isu-isu kontemporer, UMM Press, 2009
Harahap, Soegarda Poerbakawatja, Eksiklopedi Pendidikan, Gunung Agung Jakarta, 1981
Sagala, Syaiful.. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung. Alfabeta, 2009
Syamsiah Badarudin, Naskah Seminar Nasional, 2009
Published
2019-01-24
How to Cite
Syarifudin, Syarifudin. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Kitab Akhlakulil Banin”. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (January 24, 2019): 111 - 130. Accessed May 8, 2024. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3418.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.