ANALISIS SISTEM PENILAIAN KELAS DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

  • Muhammad Supriadi Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat

Abstract

Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasil tidaknya proses pembelajaran. Prinsip dan strategi penilaian kelas yang dipakai menunjukkan bahwa pada intinya bagaimana para guru selalu melakukan penilaian terhadap siswanya secara intensif guna mengetahui perkembangan anak didiknya. Rata-rata para guru  selalu menggunakan soal sebagai bahan utama penilaian, dari soal-soal itu minimal diketahui mana kekurangan dan kelebihan seorang siswa. Apabila ada siswa yang mengalami kekurangan standar nilai maksimal maka sang guru mengadakan Remedi atau pengulangan terhadap siswa untuk mengerjakan soal yang sama sampai nilanya sama dengan siswa lain. Begitu pula persiapan guru-guru dalam mengajar pasti mereka umumnya membuat RPP guna suksesnya pengajaran di kelas. Dan juga menggunakan  macam-macam penilaian  kelas seperti metode tes tulis dalam melakukan tes kemampuan pada siswanya, Selain tes tulis mereka juga menggunakan penilalaian dari tingkah laku keseharianya. Apabila ada siswa yang nilainya tinggi tetapi akhlaqnya jelek maka itu juga sangat menjadi pertimbangan guru untuk menaikkan ke jenjang kelas yang lebih tinggi. Ataupun sebaliknya jika ada seorang siswa yang nilainya agak rendah tetapi akhlaq keseharianya bagus maka juga menjadikan pertimbangan lain untuk menaikkan ke kelas yang lebih tinggi. Pada intinya para guru selalu memadukan antara nilai dan juga tingkah laku siswa. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari berbagai kesalahan dalam pendidikan yang terjadi dalam negeri ini. Kata Kunci: Sistem, penilaian kelas, Kegiatan, Belajar Mengajar

References

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Djamarah, Syiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Fathoni, Toto, dkk. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1991.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Belajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Nurkancana, wayan dan Sunarta, Evaluasi Hasil Belajar, Surabaya: Usaha Nasional, 1990.

Muliyasa, E, Menjadi Guru Propesional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Surapranata, Sumarna dan M. Hatta, Penilaian Portofolio. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.

Published
2016-03-03