PENDIDIKAN KARAKTER PESANTREN DAN PROBLEMATIKA ISLAMIC STUDIES
Abstrak
Islamic Boarding school is a place of education which emphasizes to the classic books from the basic one to higher and deeper, from the beginning to the advance. Islamic Boarding school can create the character of students. However, the building character is not significantly sufficient in boarding school because many of them are shocked with some phenomena such as their attitude and discourse understanding which make them much more Flexible and bring them to the opposite thought to tafsir (supplying additional information of holly qur’an) which they got in boarding school. The university is a higher level of education will give them more varieties of thoughts ‘discourse. This essay tries to explain how is thought discourse developed in universities especially in debatable of Islamic universities? Keywords: Pesantren, Karakter, Problematika, Studi IslamReferensi
Abdullah, Amin M. “Filsafat Islam Bukan Hanya Sejarah Pemikiranâ€, dalam A. Khudori Soleh, Wacana Baru Filsafat Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Abdullah, Amin M., Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif-Interkonketif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Ahmad Jaiz, Hatono, Ada Pemurtadan di IAIN, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005.
Dhofier, Zamakhsari, Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1982.
Fahmy Zarkasyi, Hamid, “Framework Studi Islam†dalam Jurnal Islamia, Volume V no. 1, 2009, hlm. 48
Husini, Adian, Hegemoni Kristen-Barat dalam Studi Islam di Perhuruan Tinggi, Jakarta: Gema Insani, 2006.
Husini, Adian, “Kajian Islam Historis dan Aplikasinya dalam Studi Gender†dalam Jurnal Islamia, volume V no. 1, 2009
Fahmy Zarkasyi, Hamid, Re-orientasiFramework Kajian Filsafat Islam di Perguruan Tinggi Islam di Indonesia, dalam “Majalah Islamiaâ€, volume V no. 1, 2009
De Bore, T.J., The History of Philosophy in Islam, Curzon Press, Richmond, U.K., 1994, pp. 28-29, 309
Khun, Thomas S. The Structure of Sientific Revolution, terj. Tjun Surjaman (Peran Paradigma dalam Revolusi Sains)
Mustansyir, Rizal dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, Yogyakarta, Pustaka Ilmu.
Shalahuddin, Henri, “Menimbang Framework Studi Tafsir’ dalam Jurnal Islamia, volume V no. 1, 2009.
Wahyudi, Yudian, Ushul Fikih vs Hermeututika Membaca Islam dari Kanada dan Amerika, Yogyakarta: Nawesea, 2007.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).