PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI COOPERATIVE SCRIPT
Abstrak
One of the aim of educations is to create Indonesian people to have varieties of competencies. Not only academic competency but also social competency. Cooperative learning is oriented to achieve academic competency and achieve the students’ social skill. Thus, its implantation can fulfill national education aim as stated above. However, the limited media and teaching materials frequently to become a problem at schools and at universities which cause the learning process can not give the good result.There fore a teacher should be able to overcome this problem by developing a learning module with containing of series of learning material and series of activities which can grow cooperation and students’ social skill. This essay gives one of the alternatives which can be developed namely learning module which oriented to cooperative learning that is cooperative script. This learning module developed and it is based on learning principle of cooperative script. Keywords: Pengembangan, Modul, Cooperative ScriptReferensi
Arends, R. I. Learning to Teach. New York: McGraw Hill Companies, 2001.
Asikin, Mohammad. Model-model Pembelajaran Kooperatif (Text Book). Semarang: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNNES, 2004.
Citrawathi, Desak Made. Pengembangan Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Modul Berorientasi Siklus Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA. IKIP Singaraja, 2000.
Indriyanti, Nurma Yunita. Pengembangan Modul. Makalah disampaikan pada pelatihan pembuatan e-modul bagi guru-guru IPA Biologi SMP se Kota Surakarta. Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret, 2010.
Ibrahim, Muslimin dkk. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press, 2000.
Isna, Fadhiah. Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Script untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2011.
Kauchak, P Donald. Learning and Teaching: Riset and based Method. Amerika Serikat Aviacom Company, 1998.
Lie, A. 1994. Jigsaw: A Cooperative Learning Method for The Reading Class. Waco. Texas: Phi Delta Kappa Society.
Mayasari, Retno. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Interaksi dan Motivasi Belajar Akuntansi pada Siswa SMA Negeri I Gondang Wetan Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2008.
Nur, M. Developing of Science Instructional Model Using Process Approach to Increase Student Reasoning and Thingking Ability, Suplement 1.0. Project URGE Batch III 1996/1997. Directorate general of Higher Education, Ministry of Education and Culture, 1999.
Slavin, Cooperative Learning Teory. Second Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher, 1995.
Wijayanti, Pradnyo, Pembelajaran Kooperatif pada Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Persegi. Makalah disajikan pada pelatihan TOT Pembelajaran Kontekstual (CTL) untuk Instruktur Guru dan Dosen dari 24 Propinsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2002.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).