UPAYA ORIENTALISME MELAWAN PERKEMBANGAN BAHASA ARAB FUSHA

  • Abdul Karim Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Hakim Kediri Lombok Barat

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa yang ti­dak dapat dipisahkan dari Islam. Bahasa Arab sering juga disebut sebagai bahasa Islam atau bahasa agama. Selain itu, bahasa Arab dikatakan pula sebagai bahasa al-Qur‘an, karena al-Qur‘an ditulis dengan bahasa Arab. Bahasa Arab merupakan bahasa persatuan kaum muslimin dan bahasa yang terbesar di antara bahasa-bahasa yang dipakai oleh umat Islam berbagai bangsa. Kekuatan Islam dan negara-negara muslim yang diakui dunia internasional secara tidak langsung semakin memperkuat posisi bahasa Arab dan kini dipakai sebagai bahasa resmi Islamic World League (Rabithah ‘Alam Islami) dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang beranggo­takan 45 negara Islam atau negara yang mayoritas penduduknya beragama Is­lam. Hal inilah yang memicu orang-orang di luar Islam, –dalam hal ini orang-orang Kristen dan Yahudi atau yang lebih dikenal dengan orientalis- semakin benci dan tidak senang dengan Islam dan kaum muslimin, kecuali jika kaum muslimin mau mengikuti agama mereka. Bahasa Arab yang merupakan media utama memasuki dunia Islam menjadikan mereka (orientalis) semakin serius mempelajari Islam. Dengan alat bahasa Arab, mereka dapat menyingkap ilmu-ilmu keislaman dan menerjemahkannya ke dalam bahasa-bahasa Eropa. Dalam makalah ini, penulis akan mencoba menjelaskan orientalisme dan sepak terjangnya dalam memerangi dan melawan bahasa Arab Fusha sebagai pintu gerbang memerangi agama Islam dan kaum muslimin. Kata Kunci: Orientalisme, Barat,  Bahasa Arab

References

Arief, Syamsuddin, Al-Qur'an, Orientalisme dan Luxenberg, dalam http://hidayatullah.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2054&Itemid=64

Dirks, Jerald F., Abrahamic Faiths: Titik Temu dan Titik Seteru antara Islam, Kristen, dan Yahudi, terj. Santi Indra Astuti, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2006.

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia Utama, 1995.

Faruqi, Ismail R. al- dan Louis Lamya al-Faruqi, Atlas Budaya: Menjelajah Khazanah Peradaban Gemilang, terj. Ilyas Hasan, Bandung: Mizan, 2003.

Hadi, Syamsul, Bahasa Arab dan Khazanah Sastra Keagamaan di Indonesia, dalam http://melayuonline.com/article/?a=Tm1vL3FMZVZBUkU 4Ng%3D%3D=

http://daudrasyid.com/index.php?option=com_content&task=view&id=51&Itemid=29

Hadi, Syamsul, Perkembangan Mutakhir dalam Bahasa Arab, dalam Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada, Yogyakarta: UGM, 2005.

Hasanain, Abdul Mun’im, Orientalisme: Propaganda Musuh Islam, terj. Anhar Burhanuddin, dalam abu.salma.web.id/ebooks/orientalisme.pdf

Husanaini, Abdul Mu’in Moh., Orientalisme, terj. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Agama (LPPA) Muhammadiyah, Jakarta: Mutiara, 1978.

Ja’far, Abidin, Orientalisme Dan Sudi Tentang Bahasa Arab, cet I, Yogyakarta: Bina Usaha, 1987.

Jawi, KH.M. Shiddiq Al-, Mewaspadai Orientalisme, dalam www.khilafah1924.org/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=477 – pdf

Jundi, Anwar al-, Mausu’ah Muqaddimat al ‘Ulum wa al Manahij, Jilid IV, t.tt, Dar al-Anshar, tt.

King, Richard, Agama, Orientalisme dan Poskolonialisme: Sebuah Kajian tentang Pertelingkahan antara Rasionalitas dan Mistik, terj. Agung Prihantoro, cet. I, Yogyakarta: Qalam, 2001.

Labbaik Majalah Islami dalam http://labbaik.multiply.com/journal/item/167

Ma’luf, Louis, al Munjid fi al Lughah wa al I’lam, cet. 41. Beirut: Dar al Masyriq, 2005.

Makdisi, George A., Cita Humanisme Islam: Panorama Kebangkitan Intelektual dan Budaya Islam dan Pengaruhnya terhadap Renaisans Barat, terj. A. Syamsu Rizal dan Nur Hidayah, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2000.

Morey, Robert A., The Islamic Invasion (Islam Yang Dihujat), terj. Sadu Suud, Bekasi: Focus Muslimedia, 2004.

Poeradisastra, S.I., Sumbangan Islam kepada Ilmu dan Kebudayaan Modern, Jakarta: Girimukti Pasaka, 1981.

Qaradhawi, Yusuf al-, Kita dan Barat; Menjawab Berbagai Pertanyaan Menyudutkan Islam, terj. Arif Munandar Riswanto dan Yadi Saeful Hidayat, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2007.

Schulz, Eckehard, Metodologi dan Sistem Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Eropa, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2008.

Syaukanie, Luthfi As-, Al-Qur’an dan Orientalisme, dalam http://www.islamic.com

Umar, A. Muin, Orientalisme dan Study tentang Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Published
2016-07-23