PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 1 MEKARSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 1 Mekarsari yang dilatarbelakangi karena masih rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian mengikuti alur Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan tes tulis. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Mekarsari Kecamatan Gunungsari dengan jumlah siswa 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase peningkatan nilai rata-rata tes akhir setiap siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II, masing-masing siklus memperoleh nilai 69% dan 85%, terlihat bahwa telah terjadi peningkatan nilai hasil belajar sebesar 16% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan model Make A Match pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.References
Ahmadi,I.K.& Amri,S. 2011. Metode Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta:Prestasi Pustaka Karya.
Arijayanti, Ni Nengah. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di SMP NEGERI 2 Dawan. Jurnal Jurusan Pendidikan Pkn. Ganesa. Volume: 1 Nomor 6. 2013.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriana, Ayu. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar.Volume 1, Nomor 2. Februari. Online. Diakses 18 Mei 2017
Depdiknas. 2005. Standar pendidik dan tenaga kependidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lie, Anita. 2005. Cooperative Laerning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: PT. Grasindo.
Munir, S. 2008. Dampak Tutoorial modul Mata Kuliah Materi dan pembelajaran IPS SD Terhadap Mahasiswa UT Sebagai Guru SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(072): 598-617 UM.
Rahmatullah. 2016. Eco-Culture Pancasila Valuesand Its Implementation In Economic Learning. Journal of Research & Method in Education Volume 6, Issue 2 Ver. II (Mar. - Apr. 2016), HAL 13-18. Online 2 Mei 2017
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: PT. Nusa Media.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Susanto. A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taniredja, Tukiran. Faridli. Harmianto. 2013. Model- Model Pembelajaran Inovativ Dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arijayanti, Ni Nengah. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di SMP NEGERI 2 Dawan. Jurnal Jurusan Pendidikan Pkn. Ganesa. Volume: 1 Nomor 6. 2013.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriana, Ayu. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar.Volume 1, Nomor 2. Februari. Online. Diakses 18 Mei 2017
Depdiknas. 2005. Standar pendidik dan tenaga kependidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lie, Anita. 2005. Cooperative Laerning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: PT. Grasindo.
Munir, S. 2008. Dampak Tutoorial modul Mata Kuliah Materi dan pembelajaran IPS SD Terhadap Mahasiswa UT Sebagai Guru SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(072): 598-617 UM.
Rahmatullah. 2016. Eco-Culture Pancasila Valuesand Its Implementation In Economic Learning. Journal of Research & Method in Education Volume 6, Issue 2 Ver. II (Mar. - Apr. 2016), HAL 13-18. Online 2 Mei 2017
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: PT. Nusa Media.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Susanto. A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Taniredja, Tukiran. Faridli. Harmianto. 2013. Model- Model Pembelajaran Inovativ Dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2019-12-31
Section
Articles
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).