KINERJA GURU DAN INSTRUKTUR DALAM PENGOLAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstrak
The missunderstanding towards the double system of education (PSG) will bring the hamful effect to achieve the purpose of education. However irronically it happens frequently in a cooperation between vocational school (SMK) with industies.Through PSG is earned obvious and useful skilll for students. Therefore, the success of psg has a great contribution for the quality development of SMK. The seriousness of teachers and instructors is the main indicator in learning process and it is the most important effort to achieve the purpose of PSG. The seriousness of teacher and instructor related to thier undetanding about PSG,Their motivation to PSG, their commitment to PSG, and their participation to PSG’s management. As a adviser, teacher and injstructor of psg is demanded to have the comprehenshive understanging about PSG. Keywords: PSG, SMK, Guru dan InstrukturReferensi
Crimis, N., How we build bridges in Oregon, Vicational Educational Journal, 61, 1986, hal. 25-27.
Depdikbud, Konsep sistem ganda pada pendidikan menengah kejuruan di Indonesia, Jakarta: Depdikbud, 1994.
Hamilton, Learning on the job: apprentices in west germany. Disajikan dalam pertemuan the American educational research assoccation. San Fransisco, 1989.
Indrawijaya, Perubahan dan pengembangan organisasi, (Bandung: Sinar Baru, 1994.
Koonst, O’Donnel & Weihrih, Management edisi kedelapan, New York: MoGran. Hill Book Inc. 1984.
Madari, “Hambatan-hambatan pelaksanaan sistem ganda pendidikan kejuruan di Indonesiaâ€, Teknologi kejuruan, Th. 17. No. 1. 1994, hal. 149-161.
Made Wena, Pendidikan Sistem Ganda, Bandung: Transito, 1995.
Moss, J.R. Is vocational education ready for collaboration? Collaboration: Vocational and the private sector. Arlington: V.A. The American Vocational Association, 1984, hal. 71-79.
Muhadjir, Noeng, Perencanaan dan kebijakan pengembangan sumberdaya manusia, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1993.
Muhadjir, Noeng, Kebijakan Dan Perencanaan Social: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000.
Ribler, R. Training Development Guide, Virginia: Restoren Publishing. Comp., 1983.
Sastro Putro, S. Partisipasi, komunikasi dan deskropsi dalam pembangunan nasional, Bandung: Alumni, 1980.
Shoemaker, B.R. An Intucational system design for vocational education. 2 end Ed. Columbus: Tosu, 1976.
Slamet, PH, “Penerapan Konsep Link Dan Match Dalam Pelaksanaan Pendidikan Kejuruanâ€, Kumpulan Tulisan Dan Makalah PPs IKIP Yogyakarta, 1994.
Sonhadji, A. Model pendidikan kooperatif. Makalah disajikan dalam seminar nasional system permagangan dalam pendidikan kejuruan dan penyiapan tenaga kerja tanggal 18 Desember 1993. Seminar nasional FPTK IKIP Malang.
Sofyan, H. Kesiapan aspek kognitif dan psikomotorik siswa STM daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal kependidikan No 1. April th. XX, 1990, hal. 29-41.
White, A. Participation And Education Community Water Supplay And Semitation, Concept, Strategies And Methode, Netherland: IRC Rijswijk, 1981.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).