PERAN GURU DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS SISWA DI SMK ANAK BANGSA
Kata Kunci:
Religiosity, teacher, development, student
Abstrak
Religiosity is a religious expression that is shown by a person in daily life. That expression will be seen in the mindset, lifestyle, words, association, and all parts of his life. With religiosity a person keep in touch with other because in it there are values that respect and glorify each other. In Islam religiosity is known as pious. SMK Anak Bangsa as one of the educational institutions in Indonesia also develops a religious attitude / religiosity for their students. This can be seen from the programs that have been run so far. The religious attitude at SMK Anak Bangsa will be seen in the aspects of faith, morals, and sharia where the three aspects are the embodiment of the dimensions of belief (ideological), dimensions of religious practice (ritualistic), dimensions of experience (experiential), dimensions of religious knowledge (intellectual), and the dimensions of practice (consequential). Religiosity is used to overcome frustration, to maintain the morality and order of the community, to satisfy intellectuals who want to know, and to overcome fear. There are several factors that affect relgiosity, among others: social factors, experience factors, unmet needs factors, intellectual factors. While the media to bring religiosity to a person can be done through several ways such as: worship, repentance, sincerity, patience, thanksgiving, resignation, pleasure, king ’, and khauf.Referensi
Dister N.S., Pengalaman dan Motivasi Beragama: Pengantar Psikologi Agama, Jakarta Lappenas, 1992.
Djamaluddin Ancok dan Fuad Nashori Suroso, Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-probelm Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997.
Mangunwijaya, Y.B., Sastra dan Religiusitas, Yogyakarta: Kanisisus, 1982.
Thoullus, Pengantar Psikologi Agama, terj., Jakarta: Rajawali Press, 1992.
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: PN Balai Pustaka, 1976),
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1996.
Djamaluddin Ancok dan Fuad Nashori Suroso, Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problem-probelm Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1994.
Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997.
Mangunwijaya, Y.B., Sastra dan Religiusitas, Yogyakarta: Kanisisus, 1982.
Thoullus, Pengantar Psikologi Agama, terj., Jakarta: Rajawali Press, 1992.
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: PN Balai Pustaka, 1976),
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1996.
Diterbitkan
2020-06-29
Terbitan
Bagian
Articles
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).