PENGARUH PENGELOLAAN DAN PENYALURAN DANA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Pada BMT Al-Iqtishadi Pagesangan Mataram)

  • samsahudi sam Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu

Abstract

Baitul Maal Wa Tamwil berperan penting dalam perekonomian Indonesia. BMT bertujuan untuk mensejahterakan anggota. Partisipasi anggota yang meningkatkan tumbuh berkembangnya suatu koperasi dengan melakukan pengelolaan dan penyaluran dana yang baik dan lancar sehingga bisa meningkatan pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan menengah. Berangkat dari latar belakang itulah tesis berjudul pengaruh pengelolaan dan penyaluran dana BMT terhadap pendapatan Usaha Mikro, kecil dan Menengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh pengelolaan dana dari BMT Al-IqtishadPagesanganMataram terhadap pendapatan Usaha Mikro, kecil dan Menengah ?Bagaimana pengaruh penyaluran dana dari Koperasi BMT Al-Iqtishadi Pagesangan Mataram, terhadap pendapatan Usaha Mikro, kecil dan Menengah ?Manakah yang dominan mempengaruhinya antara penyaluran dan pengelolaan dana terhadap pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah? Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F, koefisien, uji T dan analisis regresi linier dengan menggunakan variabel Dumy. Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner, interview, dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 26 responden dari jumlah populasi 160 responden. Dari analisa diketahui bahwa ada pengaruh signifikan pada Pengelolaan dana dari BMT Al-Iqtishadi Pagesangan Mataram berpengaruh signifikan terhadap pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, ini artinya semakin baik pengelolaan dana yang dapat dari BMT Al-Iqtishadi Pagesangan Mataram, maka akan semakin meningkatkan pendapatan Usaha Mikro, kecil dan Menengah. Penyaluran dana yang diperoleh dari BMT Al-Iqtishadi Mataram berpengaruh terhadap pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Dengan kata lain bahwa semakin bagus dan efektif  penyaluran dana dari BMT Al-Iqtishadi Mataram, maka semakin meningkatkan pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Diantara dua variabel ( pengelolaan dan penyaluran dana) yang memiliki pengaruh dominan terhadap pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah adalah variabel pengelolaan dana.

References

Anoraga, Pandji dan Ninik Widiyanti. 2007.Dinamika Koperasi, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Al-Haritsi Jaribah bin Ahmad,2003. Al-Fiqh Al-Iqtishadi Li Amiril Mukminin Umar Ibn Al-Khaththab, Terj. H. Asmuni Solihan Zamakhsyari “Fikih Ekonomi Umar bin al-Khatab”, Jakarta: Khalifa.
Agus Widarjono. 2010. Analisis Statistika Multivariat Terapan.Yogyakarta: UPP Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gie, The Liang 2000. Administrasi Perkantoran. Yogyakarta : Modern Liberty
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan programSPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gemala Dewi. 2006.Hukum Acara Perdata Peradilan Agama di Indonesia, Jakarta, Kencana.
Griffin, An Architecture for Collaborative Math and Science Digital Libraries, MS thesis (Virginia Tech Department of Computer Science, Blacksburg, VA, 1999).
George Terry, 2003, Tata Cara Penulisan Surat-Menyurat, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jochen, Ropke. 2003. Ekonomi Koperasi Teori dan Manajemen.Jakarta:Salemba Empat.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, cetakan pertama, edisi bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nanang Fattah. 2004. KonsepManajemenBerbasisSekolah (MBS) danDewanSekolah. Bandung: pustakaBaniQuraisy.Nanang Fattah. 2007. Ekonomi & Pembiayaan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Partomo, Titik, Sartika, 2002. Ekonomi Skala Kecil dan Koperasi. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia
Sutarno NS. 2004. PerpustakaandanMasyarakat. Jakarta: CV. SagungSeto.
Sukirno, Sadono. 2004. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Sutrisno, Jokodan Sri Lestari 2006, Kajian Usaha Mikro Indonesia, jurnalpengkajiankoperasidan UKM nomor 2 tahun 1 2006.
Singarimbun, M. dan Effendi, S., 2006, Metode Penelitian Survai, Cetakan Kedelapanbelas, Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta.
Sugiono, 2008.MetodePenelitianPendidikan: PendekatanKuantitaif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Suprapti. 2005. Ekonomi dan Bisnis. Opini. Vol. VII No. 2Suprapti, lies.2005. Aneka Olahan Pisang. Yogyakarta : Kanisius.
Umar, Husen. 1998, SDM Dalam Organisasi, PT Gramedia Pustaka Utama.
Qalyubi, Syihabuddin. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga
Arikunto, Suharsimi.1993. Manjemen Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo. Persada.
Byars, L. I dan Leslie W, Rue 2006.Human Resource Management 8thEdiciton.McGraw Hill.
Published
2019-09-18
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.