Metodologi Pembaharuan Pemikiran Islam Kontemporer Studi Komparatif Metodologi Muhammad Syahrur dan Nashr Hamid Abu Zaid

  • BQ. Hadia Martanti Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu

Abstract

Islam seharusnya bukan sebagai hal yang menakutkan dan sebagai penghambat segala bentuk pegembangan ilmu pengetahuan. Islam tidak diminta menjadi sesuatu yang mendatangkan bencana atau terorisme. Sesungguhnya Islam dating untuk memberikan solusi dan jawaban bagi persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Islam di harapkan mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan yang ada maka dari sinilah para pemikir-pemikir Islam mengharapkan dengan berbagai macam teori dan pemikiran yang ada mampu menjadi tolok ukur segala permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat. Islam diharapkan tidak monoton dengan berbagai konsep hokum keagamaan yang berdasarkan teks tanpa harus memberikan penafsiran dan kritik. Kehadiran para pemikir intelektual inilah yang memberikan wajah baru dan suasana baru bagi wajah Islam sendiri. Sebab dengan munculmya para pemikir-pemikir Islam maka Islam tidak lagi dikatakan hal yang menakutkan dan meresahkan. Islam harus bisa menjadi penengah, menjadi penyejuk manusia dengan berbagai bentuk ajaran sebagai rahmatan lil alamin. Tulisan ini memberikan contoh dua pemikir intelektual kalangan Islam yang mampu menghadirkan perdamaian antara para pemikir intelektual tersebut sehingga Islam

References

Abu Zaid, Nashr Hamid, Imam Syafi’i: Moderatisme, Eklektisisme, dan Arabisme, terjm. Yogyakarta: LKIS, cet II, 2001, hlm. 22-23.
Abu Zaid, Nashr Hamid, Naqd Al-Khitab Ad-Dini, Kairo: Sina Li An-Nasyr, cet. II, 1994.
Abu Zaid, Nashr Hamid, Mafhum An-Nash, Dirasah Fi Ulum Al-Qur’an, Berut: Marakz Ats-Tsaqafi Al-Arabi li Ath-Thiba’ah wa An-Nasyr wa At-Tauzi’, cet. II, 1994.
Syahrur, Muhammad, Al-Kitab Wa Al-Qur’an, Qira’ah Mu’ashirah, Damaskus: Al-Ahali Li Ath-Thiba’ah wa An-Nasr wa At-Tauzi’, cet. II, 1990, hlm. 46.
Al-Gazali, Abu Hamid, Majmu’urrasa’il”, Beirut: Dar Al-Fikr, 1996.
Syahrur, Muhammad, Nahwa Ushulin Jadidin li Al-Fiqh Al-Islami. Damaskus: Al-Ahali Li Ath-Thiba’ah wa An-Nasyr wa At-Tauzi’, 2000.
Syahrur, Muhammad, Dirasah Islamiyah fi Ad-daulah wa Al-Mujatama’, Damaskus: Al-Ahali Li Ath-Thiba’ah wa An-Nasyr wa At-Tauzi’, 1997
Syahrur, Muhammad, Al-Iman Wa Al-Islam: Manzumah Al-Qiyam, Damaskus: Al-Ahali Li Ath-Thiba’ah wa An-Nasyr wa At-Tauzi’, 1996.
Published
2019-09-18
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.