ANALISIS MATERI MEMPRODUKSI TEKS ANALISIS MATERI MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

ANALISIS MATERI MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Syarifudin M. Pd IAI QAMARUL HUDA BAGU
  • Muhamad Rozi Iskandar IAI QAMARUL HUDA BAGU

Abstract

Judul penelitian “Analisis Materi Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk analisis dalam memperoduksi teks eksplanasi kompleks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Sumber pada penelitian ini adalah materi menulisdalam memproduksi teks eksplanasi kompleks. Pada analisis materi terutama materi yang ada pada buku ajar dan ditak terlepas dari ketentuan seperti yang biasa dilakukan pada proses pembelajaran pada umumya yakni mengamati, menanya, mencoba, menalar mengomunikasikan.  Berdasarkan analisis menyimpulkan bahwa analisis materi memproduksi teks eksplanasi kompleks pada mata pelajaran bahasa Indonesia tidak bisa jauh media, fenomena/pristiwa terdekat. Dengan demikian analisis materi memproduksi teks eksplanasi kompleks akan baik, karena adanya daya tarik tersendiri dari teks eksplanasi kompleks tersebut. Berdasarkan kesimpulan di atas, bahwa analisis materi teks eksplanasi kompleks merupakan satu kesatuan dalam komponen bahasa Indonesia. Sehungga setiap maeteri harus dianalisis dibutuhkan untuk dianalisis.

References

Arifin, Zaenal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Aswati, Nur. 2016. Kemampuan Menulis Paragraf Naratif pada Siswa Kelas X MA Muhammadiyah Dena Tahun Pelajaran 2015/2016 (Skripsi). Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.
Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
. 2015. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram
. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akdemik. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.
. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahas
Kurniawan, Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grou
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mariani. 2016. Analisis Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi pada Siswa Kelas X Putri MA Hidayatullah Karang Baru Ampenan Kota Mataram Pelajaran 2015/2016 (Skripsi). Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.
Nurjamal, Daeng, dkk. 2014. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Nurkancana, Wayan dan P.P.N. Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Priyatni, Tri Endah dan Harsiati, Titik. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA. Jakarta: Bumi Aksara.
Priyatni, Tri Endah. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Republik Indonesia, Undang-Undang. 2013. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kulaitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, HG. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Triatna, Cepi. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Penulis?. Bandung: CV. Citra Praya.
Published
2021-06-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.