PENGEMBANGAN MODEL UNIT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (UKBM) BERBASIS E-LEARNING BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALIME GURU
Keywords:
Unit Kegiatan Belajar Mengajar, Profesionalisme Guru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut, Pembelajaran model UKBM berbasis e-learning berpusat pada peserta didik secara mandiri. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan model UKBM e-learning. Sumber penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di MA Nurul Mukhlisin. Data berupa Hasil Analisis Nilai Pre-Test dan Post –Test Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol Eksperimen 42,91, 85,34, 0,74, Tinggi, Kontrol 43,55, 80,96, 0,68, sedang. Hasil Uji Normalitas Data Post Test, Eksperimen 85,34, 11,070, Normal. Kontrol 80,96, 4,4910, 11,070, Normal. Hasil peneitian ini adalah Model UKBM berbasis e-learning materi pokok teks anekdot yang berupa: 1) Silabus, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3) UKBM e-Learning, dan 4) Instrumen evaluasi telah memenuhi kriteria valid. Hal ini terlihat dari validitas perangkat pembelajaran dalam penelitian mencapai lebih dari 3,25.References
Carson, J.B. 2007. “Shared Leadership in Teams: An Investigation Of Antecedent Conditions and Performance. Academy of Management Journal. Volume 50. No.5 Hal.1217-1234.
Jonassen, David. 2011. “Supporting Problem Solving in PBLâ€. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning. Volume 5 Issue 2. Hal 1-19.
Jonassen, D & Hung, W. 2008. “All Program are not Equal : Implication for Problem Based Learningâ€. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning. Volume 2 No.2. Hal 6-28.
Neunhaus, N., Artelt, C., Lingel, K. & Schneider, W. 2011. “ Fifth Graders Metacognitive Knowledge: General or Domain Spesific?â€. European Journal of Psychology and Education. Volume 26. Hal 163-178.
Nur, M & Wikandari, P. 2002. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya : Pusat Studi MIPA Universitas Surabaya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Bandung.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M. 1974. Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington : Indiana University.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yulaelawati, E. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
Jonassen, David. 2011. “Supporting Problem Solving in PBLâ€. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning. Volume 5 Issue 2. Hal 1-19.
Jonassen, D & Hung, W. 2008. “All Program are not Equal : Implication for Problem Based Learningâ€. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning. Volume 2 No.2. Hal 6-28.
Neunhaus, N., Artelt, C., Lingel, K. & Schneider, W. 2011. “ Fifth Graders Metacognitive Knowledge: General or Domain Spesific?â€. European Journal of Psychology and Education. Volume 26. Hal 163-178.
Nur, M & Wikandari, P. 2002. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya : Pusat Studi MIPA Universitas Surabaya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Bandung.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M. 1974. Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington : Indiana University.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yulaelawati, E. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran: Filosofi, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya.
Published
2021-06-30
Section
Articles
hak cipta dalam Jurnal ini mengacu pada creativecommons.org