Penerapan Model Pembelajaran Interaksi sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik

model pembelajaran interaksi sosial

  • Koko adya Winata Universitas Sangga Buana

Abstract

Abstract This paper aims to examine the application of social interaction learning models to improve the character of students. Social interaction model is a learning model that holds that the learning process is inseparable from the reality of life. Students are understood with the phenomena that exist in life, so the learning process is intended to prepare students to be able to interact widely in the community. In this case, students are taught about how to interact politely, harmoniously, democratically and uphold the values ​​of civilization called character. The research method used is descriptive qualitative. By using a qualitative approach researchers are expected to be more flexible in understanding, observing and conducting more accurate reviews regarding the application of social interaction learning models to improve the character of students. The findings in this study can be concluded as follows: a) learning model of social interaction can improve the character of students manifested in social interaction better, b) the ability of students to interpret phenomena in society critically and politely, c) foster motivation intrinsic learners to character values.   Keywords: Application of Learning Models, Social Interaction Models, Character, Students.

References

DAFTAR RUJUKAN

A’an Aisyah, Eko N., Kusnarto Kurniawan, (2014), Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar
Melalui Layanan Penguasaan Konten, Indonesian Jurnal of Guidance and consuling Theory and Application, Vol. 3, No. 3, 44-50.

Abdul Majid, (2013), Strategi Pembelajaran, Bandung , PT Remaja Rosdakarya, hlm. 13.

Afifah Zafirah, Fardatil Aini Agusti, Engkizar, Fuady Anwar, Fajri Alvi, dan Ernawati, (2018),
PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER TERHADAP PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN CONGKAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 1, 95-104.

Agustinus Indradi, (tth), PEMBENTUKAN KARAKTER KRITIS DAN KREATIF MELALUI
PEMBELAJARAN BAHASA DAN KETELADANAN GURU BAHASA, PS PBSI FKIP Universitas Jember | Seminar Nasional, 645-654.

Aunurrahman, (2018), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Hanna Sundari, (2015), MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN PEMEFOLEHAN
BAHASA KEDUA/ASING, Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, 106-117.

Hadi Machmud, (2014), URGENSI PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBENTUK
KEPRIBADIAN ANAK, Jurnal Al-Ta’dib Vol. 7 No. 2, 75-84.

Hastha Purna Putra, Nurhizrah Gistituati & Syahniar, (2015), Peningkatan Perilaku Prososial
Siswa di Sekolah melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling, Jurnal Konseling dan Pendidikan,Vol. 3 No. 2, 31-39 .


Isjoni. 2012. "Efektivitas Model Kooperatif dalam Pelajaran Sejarah di Sekolah". Dalam Isjoni
dan M. A. Hj. Ismail, Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia-Malaysia (pp. 145--170). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilham Hudi, (2017), PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU
MORALPADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA, JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN - VOL.2, NO.1, 30-44.

Jenny Indrastoeti, (tth), SP PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI
IMPLEMENTASIPENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR, Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 284-292.

Lickona, Thomas. (2012), Mendidik Untuk Membentuk Karakter: BagaimanaSekolah dapat
Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara, 85-100.

La Ode Ismail Ahmad, (2018), INDAHNYA KEBERSAMAAN [Sebuah Ikhtiar dalam
Membangun Kampus Bertaqwa Untuk Membawa Berkah (BERUBAH) dalam Perspektif Hadis], Jurnal Diskursus Islam Volume 06 Nomor 2, 243-259.

Messi dan Edi Harapan, (2017), MENANAMKAN NILAI NILAI KEJUJURAN DI DALAM
KEGIATAN MADRASAH BERASRAMA (BOARDING SCHOOL), Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 1, No. 1, 278-290.

Muhammad Mushfi El Iq Bali, (2017), MODEL INTERAKSI SOSIAL DALAM
MENGELABORASI KETERAMPILAN SOSIAL, Jurnal Pedagogik, Vol. 04 No. 02, 2017 ISSN : 2354-7960, E-ISSN : 2528-5793, 211-227.

Muchlas Samani & Hariyanto, (2011), Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya,43

Mustari, Muhammad, (2014), Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja
Gravindo Persada.

Nurkholik Affandi,(2012), HARMONI DALAM KERAGAMAN (Sebuah Analisis tentang
Konstruksi Perdamaian Antar Umat Beragama), Jurnal Komunikasi dan Sosial Keagamaan, Vol: XV, No. 1, 71-84.

Prita Dwi Astuti, Hadiwinarto, Afifatus Sholihah, (2018), STUDI DESKRIPTIF INTERAKSI
SOSIAL MAHASISWA S1 JURUSAN ILMU PENDIDIKAN BERDASARKAN KETERLIBATAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU, Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Volume 1 Nomor 2, 29-38.

Rina Aristiani, (2016), MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI LAYANAN
INFORMASI BERBANTUAN AUDIOVISUAL, Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 2 No. 2 Print ISSN 2460-1187, 182-189.

Samrin, (2016), PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAH PENDEKATAN NILAI), Jurnal Al-
Ta’dib, Vol. 9 No. 1, 120-143.

Sri Wahyuni, Darsono, Pargito, (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN
INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOSIAL DI MASYARAKAT, Jurnal Studi Sosial Vol 4, No 1, 30-41

Toni Nasution, (2018), MEMBANGUN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI PENDIDIKAN
KARAKTER, IJTIMAIYAH Vol.2 No.1, ISSN 2541-660X, 1-18.

Wina Dwi Puspitasari, (2015), METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPRESIF DRAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA, Jurnal Cakrawala Pendas, Volume I, No. 1, ISSN: 2442-7470, 68-77.

Zulkarnain, Nurhadi, (2018), PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN
INTERAKSI INTERPERSONAL DAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT BAGI MAHASISWA PENDAMPING STUDI LAPANG JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH, Jurnal Pendidikan Nonformal, Volume 13, No. 1, 34-46.
Published
2020-08-10
How to Cite
Winata, K. adya. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Interaksi sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik: model pembelajaran interaksi sosial. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 311-322. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v3i1.3891
Section
Articles