Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Membaca Dengan Menggunakan “Guided Reading Strategy” Untuk Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019

Bahasa Indonesia

  • Fadlun fadlun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah “Guided Reading Strategy†mampu meningkatkan kemampuan para siswa dalam pemahaman membaca khususnya dalam empat sub reading skills yaitu menemukan main idea, specific information, textual reference dan word meaning. Ada 36 siswa terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan sebagai subjek dalam penelitian ini khususnya siswa kelas VIII F SMP N 6 Mataram. Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas yaitu terdiri dari 2 proses siklus ; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian  ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu dilakukan dalam bentuk  post-test 1 dan post-test 2. Pada post test awal menunjukkan ada peningkatan dari rata-rata skor 50.72 % yaitu pada kategori “insufficient†menjadi rata-rata yang diperoleh adalah 60.45,%. yang mana katagorinya “sufficientâ€. Kemudian dalam post test 2 ada peningkatan menjadi 83,50% yang mana kategorinya “very goodâ€. Rata-rata skor dari setiap siswa juga meningkat dalam setiap siklus. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam rata-rata skor kemajuan siswa. Ini membuktikan bahwa penerapan “Guided Reading Strategy†mampu mengatasi masalah para siswa dalam kegiatan membaca.

References

Ariani, Ni Made Yunita. 2006. Using Directed Listening Thinking Activity (DLTA) to Improve the Achievement in Reading Comprehension of the Firs Grade Student of SMPN 2 Singaraja. Unpublished Theses. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Blackll, Sue. A Guided Reading http://www.apa.org/journals/release/edu9.pdf Downloaded on December 19th 2009
Cooper, David J. 2000. Helping Children Construct Meaning. Boston and USA: Hougton Mifflin Company.
Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Elizabeth, Angaluki Bernhardt, Kamil. 2003. http://www.ibe.unesco.org.
Fountas and Pinnel. http://enge.education/gidedreading-guidedwriting.html Downloaded on December 7th 2009
Harmer, J. 1998. How to Teach English. England : Longman
Asbolah K. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang IBRD : LOAN-IND
Ovitt, T.C. 1984. Tactics for Teaching. Columbus. A Bell and Howell Company.
Otto, W.et al. 1979. How to Teach Reading. California : Addison-Wesley Publishing Company.
Pressley, K. (http://www.k12.wa.us/curriculumInstruct/reading/default.aspq Downloaded on Mei 28th 2010
Power, Ted. 2004 Reading Comprehension. http://wwwanswer.com Downloaded on December 19th 2009
Sucita, Desak Putu. 2009. Improving Students’ Achievement in Reading Comprehension By Using “Guided Reading Strategy” For the Eight Year Student of SMP Negeri 5 Kintamani in Academic Year 2009/2010. Unpublished. UNDIKSHA Singaraja
Waxier,Adam. 2002. Teaching Guided Reading http://www.guided.org/americanmaster.html Downloaded on February 7th 2010.
http://ww.edu.gov.intructionalstrategy _online.com Downloaded on February 19th 2010
Guided Reading. http://olc.spsd.sk.ca/instr/strats/guided/guided.html Dowbloaded on January 19th 2010
Guided Reading Strategy. http://www.myread.org/guide_guided.htm
Published
2020-07-09
How to Cite
fadlun, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Membaca Dengan Menggunakan “Guided Reading Strategy” Untuk Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019: Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 294-310. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v3i1.3908
Section
Articles