Peran Guru Dalam Menangani Asupan Gizi Seimbang Pada Anak Melalui Kreasi Makanan di TK Asiyiyah 1 Ranggo Kota Bima

Bahasa Indonesia

  • Sri Jamilah
Keywords: Asupan Gizi Seimbang, Kreasi Makanan

Abstract

Permasalahan yang terjadi di dalam pendidikan Anak Usia Dini tepatnya di TK Aisyiyah 1 Ranggo Kota Bima dapat didefinisikan bahwa anak-anak menyukai makanan siap saji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menangani asupan gizi seimbang pada anak melalui kreasi makanan di TK Aisyiyah 1 Ranggo Kota. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di TK Aisyiyah 1 Ranggo Kota Bima. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi pada kepala sekolah, guru-guru yanga ada di sekolah. Keabsahan data dilakukan dengan cara mebercheck, cross check, triangulasi, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknis analisis data terdiri atas teknis analisis induktif, teknis analisis deduktif, serta penarikan kesimpulan dan saran-saran. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menangani asupan gizi seimbang pada anak melalui kreasi makanan di TK Aisyiyah 1 Ranggo Kota Bima adalah guru memberikan makanan tambahan kepada peserta didik berupa bubur kacang hijau dan makanan tambahan lainnya sesuai dengan kreasi ibu guru di lembaga tersebut. Adapun faktor internal yang dihadapi guru dalam menangani asupan gizi seimbang pada anak melalui kreasi makanan adalah menghadapi anak yang susah makan dan faktor eksternal yaitu minimnya anggaran dana sekolah tersebut.

References

Afridawati, 2018, Cara Ibu Mengatasi Kesulitan Makan Pada Anak Pra Sekolah di Desa Penyengat Olak Kabupaten Muaro Jambi, Jurnal Ilmiah, Vol,18. No,1.
Almatsier Sunita, 2009, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Badan POM RI, 2017, Pedoman Pangan Jajan Anak Sekolah Untuk Pencapaian Gizi Seimbang, Jakarta: Direktorat Spp, Deputi III, Badan POM RI.
Cahyaningsih Sulistiyo Dwi, 2011, Pertumbuhan Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Trans Info Media.
Diniyyah & Nindya, 2017, Asupan Energy, Protein Dan Lemak Dengan Kajian Gizi Kurang Pada Balita Usia 2-4 Bulan Di Desa Suci Gresik.
Firdaus Taman, 2012, Pembelajaran Aktif: Aspek, Teori dan Implementasi, (Yogyakarta: PT Elmater.
Hariani, 2015, Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesulitan Makan Pada Anak Usia 3-5 Tahun di TK Gowata Desa Taeng Kec. Palangga Kab. Gowa, Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, Vol,5. No,6.
Http:// Duta.Com Gizi Seimbang Dalam Perspektif Islam.Diakses Pada Tanggal 25 Maret 2019.
Hasil wawancara dengan Bu Irma Suriani, pada tanggal 19 Agustus 2019, jam 10.00 Wita.
Jauhari Ahmad, 2015, Dasar-Dasar Ilmu Gizi, Yogyakarta: Jaya Ilmu.
Mulyasa, 2012, Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noorlaila Iva, 2010, Panduan Lengkap Mengajar PAUD, Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Hasil observasi di TK Aisyiyah 1 Kota Bima, 15 Oktober 2018.
Oenzil Fadil, 2014, Hubungan dengan Status Gizi dengan Status Sosial Ekonomi Kelurga, Jurnal Kesehatan Andalas, vol,3. No,2.
Purwanto, 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Puspitawati Natalia, 2013, Sanitasi Lingkungan yang tidak Baik Mempengaruhi Status Gizi pada Balita, Jurnal STIKES, Vol,6. No,1.
Putri S Maya, 2015, Hubungana antara Riwayat Penyakit Infeksi dengan Status Gizi Pada Anak Batita, Jurnal E-biomedik, Vol, 3. No,2.
Qs. Al-Baqarah ayat (2).
Schiller Pam, 1999, Start Smart Memompa Kecerdasan Sejak Dini, Jakarta: PT Erlangga For Kids.
Siswanto Hadi, 2010, Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini, Yogyakarta: CV Rihama.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Supraptini & Dwi Hapsari, 2011, Status Gizi Balita Berdasarkan Kondisi Lingkungan dan Status Ekonomi, Jurnal Ekologi Kesehatan, Vol,10. No,2.
Susilowati Endang, 2017, Hubungan Tingkat Pengetahan Ibu Tentang Gizi Balita Dengan Status Gizi Balita di wilayah Kerja Puskesmas Gajah 1 Demak, Jurnal Kebidanan, Vol,6. No,13.
Suyadi, 2013, Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Remaja Rosdakaria.
Uripi Vera, 2004, Menu Sehat Untuk Balita, Jakarta: PT Buku Kita.
Usman Ahmad, 2008, Mari Belajar Meneliti, Yogyakarta: Genta Prees.
Yusuf Syamsu, 2001, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2020-09-22
How to Cite
Jamilah, S. (2020). Peran Guru Dalam Menangani Asupan Gizi Seimbang Pada Anak Melalui Kreasi Makanan di TK Asiyiyah 1 Ranggo Kota Bima: Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 353-372. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v3i1.3938
Section
Articles