Integrasi Ilmu dan Implikasinya Terhadap Pendidikan

Bahasa Indonesia

  • Abdul Hayyi Akrom
Keywords: Integrasi Ilmu, Pendidikan

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai integrasi ilmu yang masih ramai menjadi topik dan fokus para pemikir Islam. Pemikiran mengenai integrasi ilmu tidak terjadi begitu saja, namun telah melewati perjalanan panjang dari masa ke masa. Mandeknya aktivitas intelektual dalam dunia Islam dan dominasi Barat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dengan pendekatan empiris materialistis di era modern semakin mengasingkan masyarakat Islam terhadap realitas zamannya. Hal ini menjadi kegelisahan para pemikir Islam dan mendorong perlunya ummat Islam untuk kembali menguasai ilmu pengetahuan sebagaimana pada zaman kejayaan Islam. Ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan oleh dunia Barat telah menjauhkan manusia dari hakeket penciptaannya. Ilmu pengetahuan telah diarahkan pada prinsip bebas nilai yang tidak boleh disentuh dengan agama. Sehingga ilmu pengetahuan Barat telah menjauhkan ummat manusia dari nilai-nilai agama. Sejatinya, ilmu pengetahuan memperkuat agama. Hasilnya adalah seperti yang kita saksikan saat ini, dominasi Barat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka kuasai semakin membuat imperior dunia Islam. Selain itu, arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Barat jauh dari nilai-nilai agama yang justru semakin menjauhkan manusia dari kebahagiaan yang diimpikannya. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang bebas nilai yang saat ini sedang melanda dunia, telah membuat para pemikir untuk berpikir ulang mengenai hakekat ilmu pengetahuan.  Termasuk dalam dunia Islam, realitas ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadi fokus pemikiran mereka. Telah banyak pemikiran dan konsep yang ditawarkan oleh para pemikir Islam mengenai tema ini. Penulis dalam hal hanya memposisikan diri sebagai pembedah dari hasil pemikiran-pemikiran para tokoh Islam terkait dengan integrasi ilmu, khususnya pada bahasan tipologi integrasi ilmu pengetahuan dan implikasinya terhadap pendidikan.

References

Amin Abdullah, 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budhi Munawar Rahman, 2006. Ensiklopedi Nurkholis Majid. Jakarta: Paramadina.
Fazlur Rahman, 1985. Islam dan Modernitas. Jakarta: Pustaka.
Howard R. Turner, 2004. Sains Islam Yang Mengagumkan. Bandung: Nuansa.
Kuntowijoyo, 1994. Dinamika Sejarah Ummat Islam Indonesia. Yogyakarta: Shalahuddin Press dan Pustaka Pelajar.
Mastuki HS, 2010. Kebangkitan Kelas Menengah Santri. Banten: Pustaka Dunia.
Mulyadi Kartanegara, 2007. Mengislamkan Narar, Sebuah Respon Terhadap Modernitas. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Muniron, 2011. Epistemologi Ikhwan As-Shafa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
___________2016. Filsafat Ilmu (Power Point). Jember: PPs IAIN Jember.
Osman Bakar, 1998. Hierarki Ilmu. Bandung: Mizan.
Parluhutan Siregar, 2014. Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah. Jurnal MIQOT vol: XXXVIII No. 2 Edisi Juli-Desember 2014.
Seyyed Hossein Nasr, 1986. Sains Dan Peradaban Dalam Islam. Bandung: Penerbit Pustaka.
Syeikh 'Ali Shabuni, Shafwatu al-Tafasir Jilid III. Bairut Libanon: Darul Fikr.
Waryani Fajar Riyanto, 2014. Mazhab Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Published
2021-07-08
How to Cite
Hayyi Akrom, A. (2021). Integrasi Ilmu dan Implikasinya Terhadap Pendidikan: Bahasa Indonesia. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 665-677. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i1.4237
Section
Articles