Profesionalisme Tenaga Administrasi Sekolah dalam Pelaksanaan Administrasi Perkantoran di SMP Negeri 3 Padang Panjang

  • Jesi Norisah UIN Imam Bonjol Padang
  • Aprizal Ahmad
  • Wanda Fitri

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peraturan menteri pendidikan nasional nomor 24 Tahun 2008, tenaga adminisrasi sekolah atau tenaga kependidikan pada umumnya dipersyaratkan memiliki tiga kompetensi dasar yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi teknis, serta satu kompetensi tambahan yaitu kompetensi manajerial yang harus dimiliki oleh  tenaga administrasi atau tata usaha. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan tenaga Administrasi  di SMP Negeri 3   Padang panjang, (2) Untuk mengetahui Profesionalisme tenaga administrasi di SMP Negeri 3 Padang panjang, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme   Tenaga Administrasi di SMP Negeri 3 Padang Panjang. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, bendahara tenaga administrasi, tenaga administrasi keuangan dan administrasi sarana dan prasarana di SMP Negeri 3 Padang Panjang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) Pelaksanaan  Tenaga Administrasi di SMP Negeri 3 Padang Panjang ini telah berusaha meningkatkan wawasan keilmuannya, serta juga berusaha meningkatkan mutu dirinya untuk menunjang proses pelaksanaan administrasi yang baik dan  kondusif seperti yang diinginkan dan sudah tercapai apa yang diinginkan. (2) Profesionalisme Tenaga Administrasi di SMP Negeri 3 Padang Panjang dapat dikatakan Profesional karena telah memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi teknis, kompetensi manajerial  serta bertanggung jawab dan amanah dalam menjalankan tugasnya sesuai tupoksi yang berlaku. Pada prinsip nya sudah memiliki empat kompetensi  namun untuk kompetensi kepribadian khususnya aspek disiplin masih kurang hal ini ditunjukkan dengan masih ada tenaga administrasi yang terlambat masuk kerja. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi Profesionalisme   Tenaga Administrasi di SMP Negeri 3 Padang Panjang terbagi menjadi dua faktor. Faktor internal terbagi menjadi  dua bagian. Motivasi Intrinsik dan  motivasi ekstrinsik, sedangkan faktor eksternal terbagi menjadi tiga bagian yaitu kepemimpinan, iklim kerja, dan  sarana dan prasarana.

Referensi

Baso Intang, pengembangan Satandar Tenaga Kependidikan. Dalam Buletin BNSP: Media Komunikasi dan Dialo Standar Pendidikan (Vol. II/No.2/Mei 2007)
Danim, S. Dan Damim Y, Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas , ( Bandung:CV. Pustaka Setia. Cetakan Pertama, 2010 )
Hakim, A. A. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Quis Creator dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas VII MTs. Dayama Mengkuru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1).
Hasibuan, Malayu S.P , Manajemen Sumber Daya Manusia, ( Jakarta :Bumi Aksara, 2003)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995)
Ma’mur Asmani Jamal, Administrasi Pendidikan, (Jogjakarta: Diva Press, 2011)
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru tepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2).
Puspitasari, A., & Noor, T. R. (2020). Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(2).
S.Margono, Metode Penelitian Pendidikan, (jakarta: PT Asdi Mahasadya, 2005)
Wahyudi, S. (2021). Peranan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam upaya Menuntaskan Wajib Belajar 9 Tahun di MTs NW Teros Tahun Anggaran 2019/2020. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 7(1).
Diterbitkan
2021-09-28
Bagian
Articles