Respon Masyarakat Banyumulek Terhadap Pariwisata Syariah Dalam Meningkatkkan Kesejahteraan Masyarakat

  • Muzaik Zakir Kir STIS Darul Falah
  • her maw wati, herma mataram
Keywords: Respon Masyarakat, Parawisata Syariah, Kesejahteraan

Abstract

Peranan pariwisata dalam pembangunan Negara pada garis besarnya berintikan tiga segi: ekonomi (sumber daya), sosial (penciptaan lapangan kerja), dan kultural (memperkenalkan kebudayaan kepada wisatawan). Lombok merupakan salah satu pulau yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat sering disebut sebagai the hidden of paradise. Penelitian ini membahas tentang Respon Masyarakat Banyumulek terhadap Parawisata Syariah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setidaknya penelitian ini berusaha memecahkan dua problem penting yaitu 1) Bagaimana pemberdayaan  ekonomi masyarakat berbasis pariwisata di Desa Banyumulek perspektif ekonomi Islam? Dan 2) Bagaimana upaya pemerintah dalam mengembangkan wisata syariah di Desa Banyumulek untuk mensejahterakan masyarakat?. Dalam  penelitian ini, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  normatif dan sosiologis dimana peneliti hanya mempokuskan pada satu kasus yang sesuai dengan judul yang diteliti. Keseluruhan penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan melakukan 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Respon Masayrakat Desa Banyumulek terkait dengan wisata syariah sangat baik dan bagus karena bisa meningkatkan truts para pelancong yang dating ke NTB guna menikmati aneka ragam dan variasi sajian wisata yang serba menarik. Serta dalam pengembangan wisata syariah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemrintah Desa Banyumulek melakukan beberapa upaya yang bisa mendorong para pengerajin dengan terus menerus meningkatkan etos kerja yang baik sehingga bisa membuat roda ekonomi yang mereka lakukan

References

Al-‘Assal, Ahmad M. 1999, Al-Nidham Al-Iqtishad Fi Al-Islam: Mabadiuhu Wahdafuhu, terj. Imam Syaifudin, Bandung: Pustaka Setia.
Anto, M. B. H. 2003, Pengantar Ekonomika Mikro Islami, Yogyakarta: Ekonisia.
Argyo, Demartoto., 2009, Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat, Surakarta: SebelasMaret University Press.
Bakri, Asafri J. 1996, Konsep Maqasid Syariah Menurut Al-Syaitibi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bungin, Burhan., 2007, PenelitianKualitatif: Komunikasi, Ekinomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana prename.
Departemen Agama RI, 2006, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Kudus: Menara Kudus.
Endah.Nurhidayati Sri., “Prinsip Community Based Tourism”,dikutipdarihttp://endah-parwis-pisip.web.unair.ac.id/artikel_detail-70079-Artikel-PRINSIP, html.,padahariSabtu, tanggal 18 Februari 2017, jam. 20.15 WIB.
JJ, Spillance., 1993,Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan Prospeknya, Diterjemahkan oleh Andiyanto, Yogyakarta: Kanisius.
Karim, Abd., 2008, Kapitalisasi Pariwisata dan Margainalisai Mayarakat Lokal di Lombok, Yogyakarta: Genta Press.
Kasmir, 2014, Kewirausahaan, Jakarta: Rajawali Press.
Ketty, C., 2008 pariwisata dan prekonomian Nelayan, (studi implikasi wisata bahari terhadap peningkatan prekonomian komunitas nelayan muslim di Desa Olele kabupaten Bone Bolango provinsi Gorontala), Yogyakarta: UIN Suka.
Manic, Muhibullah, “StrategiPemberdayaanIndustrikecilBerbasisAgroindusri di Pedesaan”, dikutipdarihttp://www.bunghatta.info/content.php?article.91html.,padahariSabtu, tanggal 18 Februari 2017, jam. 20.30 WIB.
Moleong, Lexy J., 2001,metodepenelitiaanKualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.
Mubyarto, 2000, Membangun Sistem Ekonomi, Yogyakarta: BPFE.
Mulkhan, Abdul M. 2000, Moral Kenabian: Paradigma Intelektual Pembangunan, dalam Amin Abdullah, dkk., Meretas Jalan Baru Ekonomi Muhamadiyah, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Najib, Abdul., 2016,Integrasi Pekerjaan Sosial: Pengembangan Masyarakat Dan Pemberdayaan Masyarakat (Tinjaun Aksi Sosial Menuju Pembengunan dan Perubahan Sosial),Yogyakarta: Semesta Ilmu.
Nawawi, Hadari., 1997,Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: UGM.
Prastowo, Andi., 2012,Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Priyadi, Unggul., 2016, PariwisataSyari’ahProspekdanPerkembangan, Yogyakarta: STIM YKPN.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2002, KamusBesarBahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Rahardjo, M. Dawam. 1999, Islam dan Transformasi Sosial-Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rukka, Rusli M. 2011, Buku Ajar Kewirausahaan, Makasar: Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanudin.
Sasono.,Adi, dkk., 1998, SolusiIslamatasProblematikUmat, Jakarta: gema insane.
Simatupang,Violetta., 2009,Pengaturan Hukum Kepariwisataan Indonesia, Bandung,PT Alumni.
Sugiyono,2011,MetodePenelitianKualitatifdan R&D, Cet. XII, Bandung: Alfabeta.
________, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta.
Sukalel, Daniel., “Pemberdayaan Masyaarakat Miskin di Era Otonomi Daaerah”, dikutip dari wordpress.com/about/pemberdayaan-masyaarakat-miskin-di-era-otonomi-daaerahhtml., pada hari Sabtu, tanggal 18 Februari 2017, jam 20:35 WIB.
Sunarya, Abas. et al., 2011, Kewirausahaa, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sunggono, Bambang., 2007, Metodologi Penelitian Hukum, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suwantoro, Gamal., 2004,DasarDasarPariwisata, Yogyakarta: Andi Offset.
Usman, Husaini., Akbar, PurnomoSetiady., 2008, MetodologiPenelitianSosial, Jakarta: BumiAksara.
Waryono, Tarsoen., “Aspek Pengembangan Desa Wisata Nelayan Kampung Laut Segara Anakan Cilacap”.Dikutipdarihttps://staff.blog.ui.ac.id/tarsoen.waryono/files/2009/12/6-aspek-wisata-nelayan-cilacap.pdf pada hari Jum’at, tanggal 17 Februri 2017. Jam 16.10 WIB.
Yoeti, Oka A., 2008,Ekonomipariwisata, Introduksi, Informasi, danImplementasi. (Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Zaroni, Akhmad N. 2007 “Bisnis dalam Perspektif Islam”, Jurnal Ekonomi Mazhab
Published
2018-11-15
How to Cite
Kir, M. Z., & wati, her maw. (2018). Respon Masyarakat Banyumulek Terhadap Pariwisata Syariah Dalam Meningkatkkan Kesejahteraan Masyarakat. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 3(1), 81-94. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3325
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.