Relevansi Pemahaman Pegawai Tentang Produk Bank Syariah dan Implikasinya Terhadap Nasabah (Studi Kasus Di Bank NTB Syariah)

  • Muzak Zakir Kir STIS Darul Falah
Keywords: Relevansi, Produk Bank Syariah, Implikasi

Abstract

Perkembangan Bank Syari’ah di Indonesia patut mendapat apresiasi. Perubahan dan perkembangan baru dalam sistem perbankan di Indonesia telah menemukan konsep paradigma sistemnya. Di bidang sumber daya manusia merupakan salah satu kendala dalam pengembangan perbankan syari’ah, dan itu disebabkan karena sistem ini masih belum lama dikembangkan. Penelitian ini membahas tentang relevansi pemahaman pegawai terkait tentang produk bank syariah yang ada di Bank NTB Syariah cabang Selong. Setidaknya penelitian ini berusaha memecahkan dua problem penting yaitu 1) Bagaimana pemahaman pegawai tentang produk Bank Syari’ah? Dan 2) Bagaimana impilikasi pemahaman pegawai terhadap nasabah di PT. Bank NTB Syari’ah Cabang Selong?. Dalam  penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatifdengan  beberapa  pertimbangan,  pertama  metode  kualitatif  lebih  mudah penyesuaiannya apabila  berhadapan dengan  kenyataan. Kedua, menyajikan   secara   langsung hakekat hubungan antara  peneliti dan   responden. Ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman bersama terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Keseluruhan penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan melakukan 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Hasil penelitian ini Pemahaman pegawai di Bank NTB Syari’ah Cabang Selong masih rendah, hanya sebagian kecil yang benar-benar memahami tentang Bank Syari’ah baik dari produk-produk dan akad-akadnya, sedangkan sebagian hanya sekedar tahu tentang Bank Syari’ah, namun tentang produk dan akad-akad masih kurang paham, itupun setelah menempuh pelatihan di Bank NTB Syari’ah Cabang Selong. Pemahaman pegawai terhadap produk Bank NTB Syariah berpengaruh kepada Meningkatkan jumlah nasabah dan Meningkatkan volume pendapatan Bank.

References

Aditya Bagus Pratama. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Surabaya: Pustaka Media, 2009
Ahmad Dahlan. Bank Syariah Teoritik, Praktik, Kritik.Yogyakarta : Teras, 2012.
Ali Hasan. Berbagai transaksi dalam Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Deddy Mulyana. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Depdiknas.Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Gunawan Widjaja dan Kartini Muljadi.Jual Beli. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004
Herry Achmad Buchory & Djaslim Saladin, “Dasar-Dasar Pemasaran Bank”, (Bandung: Linda Karya, 2006),
http://www.republika.co.id/berita/bisnis-syariah/berita/10/11/19/147451-perbankan-syariah-butuh-10-ribu-pegawai-baru-di-2011, pada hari senin tanggal2 April 2013, pukul 23.57
KH. Abdullah Zaky al Kaaf, Ekonomi dalam Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2002.
Lexi J. Meleong. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, “Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syari’ah”, (Yogyakarta: UII Press, 2000)
Muhammad Djafar. Etika Bisnis Islam Tatanan teoritis dan Praktis. Malang. UIN Malang press, 2002.
Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001
Mulyadi Subri. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet 1, 2003.
Mustafa Edwin Nasution, et al. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana, 2007.
Moh.Ramly Faud dan M. Rustan D.M., Akuntansi Perbankan.Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
M. Syakir Sula. Dasar dan Strategi Pemasaran Syariah.Jakarta: Renaisen, 2005.
M. Nur Rianto Al-Arif. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah.Bandung: Alfabeta, 2010.
Nurul Huda, Handi Risza Idris, Mustafa Edwin Nasution, Ranti Wiliasih. Ekonomi Makro Islam, Pendekatan Teoritis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cet 1, 2008.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, “Manajemen Pemasaran”. (Jakarta: Indeks, 2007)
Risa Agustin. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Jakarta: Serba Jaya, 2000.
Saifudin Azwar. Metode Penelitian. Celaban Timur: Pustaka Pelajar, Cet X, 2010.
Sotat Baduara & Sabar Martin Sirait, “Salesmanship, Ilmu dan Seni Menjadi Penjual yang Sukses”, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006),
Sugiono.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R dan D. Bandung: CV. Alfabeta, cet VII, 2009.
Widjajono Moestadjab, “Salesmanship Kecakapan Menjual”, (Surabaya: Usaha Nasional, 1987)
Zainul Arifin. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah.Jakarta: Azkia Publisher, 2009.
Published
2019-04-21
How to Cite
Kir, M. Z. (2019). Relevansi Pemahaman Pegawai Tentang Produk Bank Syariah dan Implikasinya Terhadap Nasabah (Studi Kasus Di Bank NTB Syariah). TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 2(1), 83-100. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3475
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.