Objek hukum serta mamfaat ilmu falak

  • Muhammad suheri Universitas islam negeri sumatera utara

Abstract

Secara umum  Ilmu Falak, bisa disamakan dengan Astronomi, yaitu ilmu yang menelaah perbintangan, tapi sebenarnya ilmu falak artinya sebuah ilmu yg belajar sirkulasi benda-benda langit, khususnya bumi, bulan dan  matahari. pusaran benda-langit tadi digunakan untuk menentukan saat sholat, arah kiblat, gerhana bulan serta matahari serta memungkinkan awal bulan bulan hijriyah. serta menjadi patokan-patokan penetuan waktu ibadah diambil asal Al-Qur'an yang diperjelas dengan hadits kuantitatifilmu falak sangat krusial di kehidupan manusia khususnya dalam Islam bermanfaat buat menentukan saat-saat ibadah. untuk menghitung arah kiblat wajib  diketahui terlebih dahulu tiga data yaitu: 1.lintang serta bujur ka''bah 2.lintang dan  bujur kawasan yang mau di ukur arah kiblatnya 3.selisih bujur ka'' bah dan  daerah-kawasan yang tidak ukuran mirip yg diketahui bahwa bulan merupakan asal bumi yang selalu mengikuti serta tidak akan meninggalkannya, baik ketika bumi berotasi mengelilingi porosnya juga ketika beredarmengelilinginya. selamaberedar posisi berubah serta bulan terhadap matahari-membarui perubahan ini terjadi pada bulan fase bulan, pada saat bulan posisi posisi palingdekat ke matahari maka bagian yang menghadap kebumi gelap, tidaktampak. “belajar ilmu falak itu harus, bahkan diperintahkan buat mempelajarinya, sebab ilmu falak itu mencakup pengetahuan ihwal kiblat serta hal-hal yg terkenal menggunakan penanggalan, contoh puasa. menggunakan ilmu ini pula orang yg melakukan rukyatul hilal dapat mengarahkan pandangannya dengan tepat ke posisi hilal, bahkan kita juga bisa mengetahui akan terjadinya acara eklips atau gerhana bulan berpuluh bahkan beratus tahun yg akan datang. Bila tidak dapat melihat secara eksklusif, baik sebab faktor jarak yg jauh atau faktor geografis yg tidak bisa melihat eksklusif Ka'bah eksklusif, maka beliau harus menghadap ke arah mana Ka'bah berada walaupun di hakikatnya dia hanya menghadap jihah-nya saja (arah kabah)Kata kunci : ilmu falak, objek, manfaat.
Published
2021-12-31
How to Cite
Muhammad suheri. (2021). Objek hukum serta mamfaat ilmu falak. TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahwal Syahsiyah, 6(2), 56-69. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/4588

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.