Penguatan Kegiatan Dakwah bagi Pemuda dalam Meningkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat Desa Labuan Tereng Lombok Barat

  • Dewi Chandra Hazani STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny
Keywords: Penguatan Kegiatan, Dakwah, Pemuda, Kualitas Keagamaan

Abstract

Pembinaan agama Islam merupakan kegiatan atau usaha ke arah yang lebih positif dalam rangka meningkatkan kualitas keagamaan umat Islam, serta kesejahteraan umat di dalam kehidupannya untuk mengamalkan dan menghayati perintah Allah Swt melalui ajaran agama Islam sekaligus sebagai tugas seorang umat muslim terhadap umat lainnya. Suatu faktor penting yang memegang peranan yang menentukan dalam kehidupan pemuda dan remaja adalah agama. Perkembangan mental remaja dan pemuda berpikir kearah logis itu, mempengaruhi pemandangan dan kepercayaan kepada Tuhan. Karena mereka tidak dapat melupakan Tuhan dari segala peristiwa yang terjadi di alam ini. Pendidikan agama tidak lepas dari upaya menanamkan nilai-nilai serta unsur agama pada jiwa seseorang. Tulisan ini mengkaji secara mendalam tentang penguatan kegiatan dakwah bagi pemuda dalam meningatkan kualitas keagamaan masyarakat Desa Labuan Tereng. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang memiliki tujuan dokumentasi, identifikasi dan reinterpretasi mendalam terhadap pandangan dunia, nilai makna dan karakteristik umum seseorang atau kelompok masyarakat tentang peristiwa-peristiwa kehidupan, situasi dan gejala-gejala kemanusiaan yang lain. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Penguatan kegiatan yang dilakukan pemuda Karang Taruna Desa Labuan Tereng dalam membentuk moral remaja yang memiliki kualitas keagamaan yang baik harus dilakukan melalui berbagai penguatan kegiatan yang dilakukan melalui bidang kerohanian atau keagamaan, bidang jasmani dan juga bidang kesenian. Kegiatan dan pembinaan dalam bidang kerohanian atau keagamaan berupa pengajian pemuda dan remaja, ceramah agama dan penyelenggaraan kegiatan Hari-hari Besar Islam serta mengadakan kegiatan dan pembinaan dalam bidang kemanusiaan yakni kegiatan tentang nilai-nilai yang dianut oleh manusia dalam kaitan hubungannya dengan sesama manusia.
Published
2020-12-31
How to Cite
Chandra Hazani, D. (2020). Penguatan Kegiatan Dakwah bagi Pemuda dalam Meningkatkan Kualitas Keagamaan Masyarakat Desa Labuan Tereng Lombok Barat. Ulul Albab: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 1-16. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/ululalbab/article/view/4239
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.