Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren melalui Pola Pembinaan Kelas Khusus

  • Nur Latifah STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny
Keywords: Mutu Pendidikan, Pesantren, Pembinaan Kelas Khusus

Abstract

Pendidikan di pondok pesan-tren sangat menekankan tegaknya Islam di tengah-tengah kehidupan se-bagai sumber utama moral atau akhlak mulia, dan akhlak mulia ini me-rupakan kunci rahasia keberhasilan hidup bermasyarakat. Dengan kata lain orientasi tujuan pendidikan pondok pesantren sesungguhnya masih lebih banyak bersifat inward looking daripada outward looking, atau masih lebih banyak melihat ke dalam daripada ke luar. Hal ini lebih di- dasarkan pada pandangan bahwa dengan tegak dan tersebarnya agama Islam di tengah-tengah kehidupan, maka dengan sendirinya kehidupan bersama dalam suatu masyarakat akan menjadi baik, jadi semacam ada trickling down effect, yaitu efek moral baik yang diturunkan sebagai akibat tegaknya Islam di tengah-tengah kehidupan. Dengan demikian, pengalaman pondok pesantren dalam pendi-dikan moral keagamaan perlu dikaji lebih mendalam dan dikembangkan lebih lanjut dalam perspektif sistem pendidikan nasional.
Published
2021-06-30
How to Cite
Latifah, N. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren melalui Pola Pembinaan Kelas Khusus. Ulul Albab: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 1-16. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/ululalbab/article/view/4718
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.