Studi Komparasi Akhlak Santri Mukim dan Santri Non Mukim Pondok Pesantren Uswatun Hasanah (Studi Kasus MA Uswatun Hasanah)

  • Muaini Muaini STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny
Keywords: Akhlak, Siswa, Komparasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). mendiskripsikan bagaimana akhlak santri mukim 2).mendiskripsikan bagaimana akhlak santri non mukim 3). Mendiskripsikan perbedaan akhlak santri mukim dan santri non mukim. Jenis Penelitian ini menggunakan model penelitian studi kasus. Studi kasus ialah penelitian yang dilakukan secara intensif dan terinci yang subjek penelitiannya terhadap individu, kelompok. Lokasi penelitian di MA Uswatun Hasanah Cempaka Putih. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu meliputi: Guru, waka kesiswaan, Kepala sekolah MA Uswatun Hasanah, ustadz, pengurus asrama dan perwakilan peserta didik MA Uswatun Hasanah. Sedangkan sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen yang terkait dengan objek yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yang digunakan adalah Reduksi, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Kemudian didalam hasil penelitian ini akhlak siswa yang tinggal di asrama memiliki akhlak yang baik kepada Allah, akhlak kepada makhluk seperti adab kepada guru, akhlak kepada lingkungan, akhlak siswa yang tidak tinggal di asrama memiliki akhlak yang baik kepada Allah, akhlak kepada makhluk. Namun, kurang baik akhlak mereka kepada lingkungan, kemudian perbedaan akhlak siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tidak tinggal di asrama hanya berbeda pada akhlak mereka kepada lingkungan.
Published
2021-06-30
How to Cite
Muaini, M. (2021). Studi Komparasi Akhlak Santri Mukim dan Santri Non Mukim Pondok Pesantren Uswatun Hasanah (Studi Kasus MA Uswatun Hasanah). Ulul Albab: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 40-55. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/ululalbab/article/view/4836
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.