Implementasi Konsumsi Mahasantri Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pondok Pesantren Fadllillah Waru Sidoarjo)

  • Mukhammad Wahyudi
  • Elnisa Salicha
Keywords: Perilaku Konsumsi Mahasantri, Ekonomi Islam

Abstract

Dalam komunitas suatu lingkungan, perilaku konsumsi antar individu sangat mempengaruhi perilaku keseharian antar sesamanya,sebagaimana yang terjadi dalam lingkungan Pondok Pesantren Fadllillah Waru Sidoarjo yang mana perilaku konsumsi antar Mahasantri sangat mempengaruhi satu dengan yang lain.Sebagai konsumen muslim yang memiliki latar belakang Mahasantri Pondok Pesantren seharusnya mampu mengedepankan kesederhanaan, tidak israf (tidak berlebih-lebihan) dan berakhlak dalam konsumsi. Namun melihat adanya perilaku konsumsi seperti cara Mahasantri dalam memutuskan barang-barang yang akan dibeli, digunakan dan dikonsumsi, terdapat ketidaksesuaian antara apa yang seharusnya dilakukan Mahasantri dengan apa yang terjadi di kalangan Mahasantri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumsi Mahasantri Pondok Pesantren Fadllillah Waru Sidoarjo yang selanjutnya akan dianalisis dengan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Ketua Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah dan Al-Jihad, Pengurus Pondok Pesantren Fadllillah dan Al-Jihad, Mahasantri Pondok Pesantren Fadllillah dan Al-Jihad. Teknik pengolahan data dilakukan melalui Editing, Organizing, dan Analyzing. Sedangkan untuk menguji keabsahan data melalui triangulasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Perilaku konsumsi Mahasantri Fadllillah masih banyak yang belum mampu menempatkan sesuai dengan kebutuhannya, yakni menempatkan kebutuhan taḥsinÄ«yat kedalam kebutuhan á¸arÅ«rÄ«yat, menempatkan kebutuhan ḥÄjÄ«yat kedalam kebutuhan á¸arÅ«rÄ«yat, dan menempatkan kebutuhan taḥsinÄ«yat kedalam kebutuhan ḥÄjÄ«yat hal ini dikarenakan masih banyak terdapat Mahasantri yang berperilaku konsumtif, yakni masih mengedepankan selera keinginan mereka dalam berkonsumsi, sehingga menimbulkan perilaku konsumsi yang bersikap israf (royal) dan tadbÄ«r (sia-sia) Analisis deskriptif dalam perspektif ekonomi Islam tentang perilaku konsumsi Mahasantri Fadllillah menunjukkan bahwa mahasantri telah mampu membelanjakan harta pada bentuk yang dihalalkan dan dengan cara yang baik, akan tetapi juga masih sama-sama belum mampu sederhana dalam konsumsi,serta masih bersikapisraf (royal) dan tadbÄ«r (sia-sia), karena Mahasantri Fadllillah memiliki peluang untuk lebih bertindak konsumtif.
Published
2022-08-13
Section
Articles