Penerapan Model Pembelajaran Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Kelas IV di MI Tanada Waru Sidoarjo

  • Puspita Widyagarini STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Kata kunci : mind mapping, sumber daya alam

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam pembangunan nasional, maka pendidikan perlu di tata dan di kelola seiring dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemajuan masyarakat. Tujuan peneltian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi sumber daya alam. Metode penelitian ialah penelitian tindakan (action research). Temuan ialah hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, model pembelajaran mind mapping terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Sumber Daya Alam. Rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 53% tingkat keaktifan siswa dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82%. Argumen ialah ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam antara yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Published
2024-06-27
Section
Articles