Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Numbered Head Together) Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tematik Di MI Al-Hidayah Gonggang

  • Ummu Nihayah STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia. Di mana pun di dunia ini terdapat masyarakat, maka di sana pula terdapat pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kedisiplinan belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik di MI Al-Hidayah Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel. Temuannya ialah sejauh mana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran tematik di MI Al-Hidayah Gonggang secara keseluruhan bahwa nilai “r†Product Moment 0,108 berada diantara 0,00-0,20 yang berarti termasuk dalam kategori lemah atau rendah. Argumennya ialah tidak ada hubungan korelasi antara variabel X dan variabel Y diabaikan.
Published
2023-12-07
Section
Articles