Efektivitas Metode Pembelajaran Diskusi kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Fotosintesis Kelas IV SDN Sawaran Kulon 02, Kec. Kedungjajang, Kab. Lumajang.

  • Yuanita Nita STAI YPBWI Surabaya
Keywords: metode diskusi, fotosintesis

Abstract

Pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia indonesia yang beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan serta dasar- dasar pandangan hidup generasi muda agar menjadi manusia yang sadar dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi fotosintesis. Metode penelitian ialah tindakan kelas (PTK). Temuan ialah penelitian tindakan kelas ini pada mata pelajaran IPA materi fotosintesis bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan melalui metode diskusi kelompok pada mata pelajaran IPA di kelas IV terbukti memberikan hasil belajar dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar diantaranya siswa. Hasil peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar yang baik demikian dapat dilihat dari nilai rata – rata pretes (sebelum melakukan tindakan) yaitu 60 menjadi 70 pada siklus I dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. Argumen ialah siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari nilai pretest (sebelum melakukan tindakan) yaitu 32% menjadi 42% pada siklus I dan meningkat menjadi 97% pada siklus II.
Published
2024-12-11
Section
Articles