Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV MI Kholid Bin Walid, Plangkrongan, Poncol, Magetan.

  • Ummu Nihayah STAI YPBWI Surabaya
Keywords: STAD, minat belajar siswa

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ialah agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Metode penelitian ialah penelitian tindakan (action research). Temuan ialah hasil penelitian dan pengamatan terhadap sumber data siswa. Minat siswa pada mata pelajaran IPA tergolong tinggi, terbukti dengan hasil nilai ujian siswa pada mata pelajaran IPA yang tergolong tinggi dan peneliti juga menemukan bukti lain seperti siswa sangat aktif dalam belajar IPA di kelas, siswa berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada proses pembelajaran. Argumen ialah hasil penelitian dengan sumber data siswa dan angket yang dikumpulkan, minat siswa mata pelajaran IPA pada indikator pengetahuan memperoleh angka 70,53% untuk kelas IV MI Kholid Bin Walid dan 67,24% untuk kelas IV atau dapat dikatakan tinggi.
Published
2024-12-11
Section
Articles