Systematic Literature Review: Implementasi Media Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Dasar
Nabila Fuadina
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Siti Aisyah
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Ana Prassasty
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Keywords:
Media, Bimbingan Konseling, Pendidikan Dasar
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan bagian penting dari sistem pendidikan yang bertujuan membantu siswa dalam mengatasi berbagai tantangan seperti pribadi, sosial, belajar dan Karir. Pada tingkat pendidikan dasar, layanan Bimbingan dan Konseling memiliki peran strategis dalam membentuk fondasi karakter, keterampilan sosial, dan kesiapan siswa menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis implementasi media bimbingan dan konseling dalam pendidikan dasar melalui systematic literature review (SLR). Metode yang digunakan melibatkan pencarian artikel ilmiah dari database terpercaya, seperti Google Scholar dan DOAJ dengan kata kunci spesifik, seperti "media bimbingan konseling" dan pendidikan dasar”. hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi media BK yang efektif dalam membantu peserta didik meningkatkan potensi diri dalam bidang pribadi, sosial, karir dan belajar.