IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SDN KADUARA BARAT 1 PAMEKASAN

  • Ahmad Fawaid Fawaid IAIN Madura
Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Living Values Education (LVE).

Abstract

ABSTRAK Penerapan pendidikan karakter sangat penting khususnya pada pendidikan mulai dari usia prasekolah sampai sekolah dasar, karena siswa kini memerlukan pendidikan moral yang mampu menyampaikan prinsip-prinsip abstrak, gambaran baik dan buruk untuk mengatasi masalah sikap dan perilaku dalam pendidikan. Dalam penelitian ini terdapat duatua tujuan, yaitu: untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui Living Values Education (LVE) dan  apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui Living Values Education (LVE) di SDN Kaduara Barat 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui Living Values Education (LVE) dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan membaca surah yasin dan surah-surah pendek, melakukan upacara bendera setiap hari senin, berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, pembiasaan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), saling menghargai teman, saling mengingatkan ketika ada teman yang membuat kesalahan. Sementara faktor pendukung adalah para guru yang ada di sekolah dan faktor penghambatnya yaitu: Faktor lingkungan, Faktor keluarga, Kurang memadukan antara penerapan yang ada disekolah dengan kebiasaan yang ada di rumah. 
Published
2024-06-27
Section
Articles