https://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/issue/feedJurnal Studi Pendidikan Dasar2025-01-07T05:02:04+00:00Evarianisaevaendangt@gmail.comOpen Journal Systemshttps://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/article/view/4084Kontekstualisasi Syarat Keberhasilan Siswa Sekolah Dasar dalam Mencari Ilmu; Perspektif Imam al-Zarnuji2024-12-20T07:14:18+00:00Muhammad Islah Azharul Mulukislahazharul@gmail.comZaini Tamin ARzainitamim@gmail.com<p>Keberhasilan siswa dalam menuntut ilmu di jenjang sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh fondasi nilai-nilai moral, etika, dan spiritual yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, pendidikan modern cenderung lebih menitikberatkan pada pencapaian akademik tanpa memperhatikan aspek-aspek tersebut. Kitab <em>Ala La Tanalul ‘Ilma</em> karya Imam al-Zarnuji, menawarkan syarat-syarat keberhasilan dalam mencari ilmu yang dapat dikontekstualisasikan dalam pendidikan dasar untuk menjawab tantangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengadaptasi nilai-nilai dari kitab tersebut dalam konteks pendidikan dasar kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis literatur. Data primer diperoleh dari kajian kitab <em>Ala La Tanalul ‘Ilma</em> dan didukung oleh literatur pendidikan modern. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif-interpretatif untuk memahami syarat keberhasilan belajar dari perspektif Imam al-Zarnuji dan relevansinya dalam pendidikan dasar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa syarat keberhasilan seperti niat yang ikhlas, kedisiplinan, penghormatan kepada guru, dan pengelolaan waktu belajar dapat memberikan landasan etis dan moral yang kuat bagi siswa sekolah dasar. Penulis berargumen bahwa pengintegrasian nilai-nilai ini ke dalam pembelajaran dapat membantu membentuk siswa yang tidak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga memiliki karakter moral dan spiritual yang tangguh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran Imam al-Zarnuji tetap relevan sebagai panduan pembelajaran di era modern, terutama dalam membangun paradigma pendidikan yang holistik. Hal ini membuka peluang untuk pengembangan model pendidikan berbasis nilai yang selaras dengan tradisi Islam dan kebutuhan pendidikan kontemporer.</p>2024-12-11T09:55:22+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Studi Pendidikan Dasarhttps://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/article/view/4065Mengidentifikasikan dan Mengatasi Hambatan Psikologis yang Dapat Menghalangi Penerimaan Pesan Dakwah 2024-12-15T08:06:17+00:00Mushoffahmushoffahn@gmail.com<p>Dakwah Islam merupakan proses penyampaian ajaran Islam terhadap umat manusia. Sebagai suatu proses, dakwah tidak hanya merupakan usaha penyampaian, tetapi merupakan usaha mengubah <em>way of thinking, way offeeling, way of life</em> manusia sebagai sasaran dakwah ke arah kualitas kehidupan yang lebih baik (Amin, 2008). Dalam aktivitas dakwah, seorang da'i seringkali mengalami kesulitan untuk menggerakkan sasaran dakwahnya agar mau mendengarkan dan mengamalkan pesan yang disampaikan dalam kehidupan nyata. Tujuannya tidak lain agar seorang da'i dihadapkan pada kenyataan bahwa individu-individu yang akan didakwahi memiliki toleransi keragaman dalam berbagai hal. Keragaman tersebut akan memberikan corak yang berbeda pula dalam menerima. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.</p>2024-12-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Studi Pendidikan Dasarhttps://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/article/view/4081PRINSIP ETIKA DALAM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ISLAM2024-12-15T08:06:17+00:00Evarianisa Endang Trisnaninevaendangt@gmail.com<p>Efforts to build a business ethics that creates an Islamic business framework require a reconstruction of a new awareness about the meaning of business. Business, whether run by individuals, organizations, or companies, should not only focus on worldly aspects but also encompass both material and spiritual dimensions. A business is considered valuable if it can meet physical and spiritual needs in a balanced way, without containing elements of falsehood, corruption, or injustice. In contrast, an Islamic business must be based on values of unity, balance, responsible freedom, truth, goodness, and honesty. These principles can serve as benchmarks to assess whether a business aligns with or contradicts business ethics. Therefore, a new approach is needed to study business and economics, one that integrates normative-ethical paradigms with empirical-inductive analysis, and is oriented towards exploring and developing the values contained in the Qur'an.</p>2024-12-11T10:02:54+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Studi Pendidikan Dasarhttps://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/article/view/4082Efektivitas Metode Pembelajaran Diskusi kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Fotosintesis Kelas IV SDN Sawaran Kulon 02, Kec. Kedungjajang, Kab. Lumajang.2024-12-15T08:06:18+00:00Yuanita Nitayuanita@nmail.com<p>Pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan manusia indonesia yang beriman dan bertaqwa, berbudi pekerti luhur memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan serta dasar- dasar pandangan hidup generasi muda agar menjadi manusia yang sadar dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi fotosintesis. Metode penelitian ialah tindakan kelas (PTK). Temuan ialah penelitian tindakan kelas ini pada mata pelajaran IPA materi fotosintesis bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan melalui metode diskusi kelompok pada mata pelajaran IPA di kelas IV terbukti memberikan hasil belajar dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar sehingga metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar diantaranya siswa. Hasil peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar yang baik demikian dapat dilihat dari nilai rata – rata pretes (sebelum melakukan tindakan) yaitu 60 menjadi 70 pada siklus I dan meningkat menjadi 83 pada siklus II. Argumen ialah siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari nilai pretest (sebelum melakukan tindakan) yaitu 32% menjadi 42% pada siklus I dan meningkat menjadi 97% pada siklus II.</p>2024-12-11T10:07:01+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Studi Pendidikan Dasarhttps://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/article/view/4083Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV MI Kholid Bin Walid, Plangkrongan, Poncol, Magetan.2024-12-15T08:06:18+00:00Ummu Nihayahummun99@gmail.com<p>Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ialah agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Metode penelitian ialah penelitian tindakan (action research). Temuan ialah hasil penelitian dan pengamatan terhadap sumber data siswa. Minat siswa pada mata pelajaran IPA tergolong tinggi, terbukti dengan hasil nilai ujian siswa pada mata pelajaran IPA yang tergolong tinggi dan peneliti juga menemukan bukti lain seperti siswa sangat aktif dalam belajar IPA di kelas, siswa berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada proses pembelajaran. Argumen ialah hasil penelitian dengan sumber data siswa dan angket yang dikumpulkan, minat siswa mata pelajaran IPA pada indikator pengetahuan memperoleh angka 70,53% untuk kelas IV MI Kholid Bin Walid dan 67,24% untuk kelas IV atau dapat dikatakan tinggi.</p>2024-12-11T10:11:21+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Studi Pendidikan Dasarhttps://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/article/view/4086PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATAKAN PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH DASAR2024-12-15T08:06:18+00:00Venna Kurniawativennakurniawati16@gmail.comSunitanitasunita83@gmail.com<p>Melatih rasa percaya diri sejak dini akan meningkatkan kemampuan diri atau skill yang dimiliki, menjadi optimis, dan juga rasa bertanggung jawab terhadap sesuatu. Dalam pendekatan person centered therapy ini cocok diterapkan pada konseli atau siswa yang memiliki rasa kurang percaya diri atau minder. Tujuan dari penelitian ini tidak lain yakni mengetahui secara mendalam seberapa efektif pendekatan ini di gunakan oleh konselor sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian observasi dan wawancara menentukan 5 anak dari kelas berbeda yang tingkat ketidak percayaan diri tinggi atau minder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, Assesment keluarga inti, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya perubahan sikap dari konseli yang lebih percaya diri ketika mengetahui bakat dan minatnya, dan didukung oleh orang tua untuk mengikuti pelatian skill yang diminatinya.</p>2024-12-11T10:13:50+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Studi Pendidikan Dasarhttps://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/jsped/article/view/4092Systematic Literature Review: Implementasi Media Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Dasar2025-01-07T05:02:04+00:00Nabila Fuadinanabilafuadina@unugiri.ac.idSiti AisyahSt.asyh99@gmail.comAna Prassastyannaprassasty@unugiri.ac.id<p>Bimbingan dan konseling merupakan bagian penting dari sistem pendidikan yang bertujuan membantu siswa dalam mengatasi berbagai tantangan seperti pribadi, sosial, belajar dan Karir. Pada tingkat pendidikan dasar, layanan Bimbingan dan Konseling memiliki peran strategis dalam membentuk fondasi karakter, keterampilan sosial, dan kesiapan siswa menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis implementasi media bimbingan dan konseling dalam pendidikan dasar melalui systematic literature review (SLR). Metode yang digunakan melibatkan pencarian artikel ilmiah dari database terpercaya, seperti Google Scholar dan DOAJ dengan kata kunci spesifik, seperti "media bimbingan konseling" dan pendidikan dasar”. hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi media BK yang efektif dalam membantu peserta didik meningkatkan potensi diri dalam bidang pribadi, sosial, karir dan belajar.</p> <p><strong> </strong></p> <p> </p>2025-01-07T05:02:03+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Studi Pendidikan Dasar