Pendidikan Akhlak Pada Anak “Perspektif Al-Qur’an dan Hadist”

  • Titin Mariatul Qiptiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, Jawa Timur

Abstract

ABSTRAK Sepanjang sejarah umat manusia masalah akhlak selalu menjadi pokok persoalan, karena pada dasarnya pembicaraan tentang akhlak selalu berhubungan dengan persoalan prilaku manusia dan menjadi permasalahan utama manusia terutama dalam rangka pembentukan peradaban. Prilaku manusia secara langsung maupun tidak langsung masih menjadi tolok ukur untuk mengetahui perbuatan atau sikap manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Akhlak sebagai Pangkal Kecerdasan pada Anak dan Bagaimana Ayat dan Hadist mengenai Pendidikan Akhlak pada Anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library riset. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Manusia yang merupakan makhluk paling sempurna dari sekian banyaknya makhluk-makluk ciptaan Allah SWT serta manusia merupakan sebaik-baiknya mahluk yang diciptakan berakal, berakhlak dan kecerdasaan. Yang masuk dalam kategori kecerdasan disini adalah kecerdasan spritual, kecerdasaran intelektual dan kecerdasan emosional yang memang sudah ada pada diri manusia. Akan tetapi ketiga potensi kecerdasan tersebut tidak akan berkembang apabila orang tua, keluarga, lingkungan dan masyarakat tidak mestimulus akhlak anak. Sebab pemicu dasar dari perkembangan ketiga kecerdasasan tersebut adalah akhlak yang terbentuk baik secara langsung dan tidak langsung yang diplopori oleh orang tua, keluarga, lingkungan dan masyarakat. Ayat dan hadist mengenai pendidikan akhlak pada anak. Dalam surah Al-qur’an juga dijelaskan tentang pendidikan akhlak, QS Ali Imran ayat 112, dan 159-160. Hadist mengenai pendidikan akhlak yang diriwayatkan oleh al-Bukhârî tentang ibu atau keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Ayat dan Hadist.
Published
2020-05-09
How to Cite
Qiptiyah, T. M. (2020). Pendidikan Akhlak Pada Anak “Perspektif Al-Qur’an dan Hadist”. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 108-120. https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.2.108-120
Section
Articles