Penggunaan Permainan Plastisin Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah

  • Hamzia Marie UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Febi Nursafitri UIN Datokarama Palu, Indonesia

Abstract

Abstrak: Bermain merupakan salah satu kebutuhan yang dapatĀ  menstimulasi perkembangan anak, salah satunya yakni perkembangan motorik halus anak, kegiatan yang dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak yakni melalui permainan plastisin. Tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana penggunaan permainan plastisin dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, dan keabsahan data diperkuat dengan melakukan teknik pemeriksaan. Penelitian di laksanakan di Tk Rahmat Sigi Sidera. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mengikuti waktu kegiatan pembelajaran berlangsung, dengan melakukan pengamatan terhadap anak didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: penggunaan permainan plastisin dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah, senantiasa berorientasi pada kebutuhan anak, terdapat 3 tahap sebelum pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kata kunci: permainan plastisin, motorik halus, anak usia dini Abstract: Play is one of the needs that can stimulate children's development, one of which is the development of children's fine motor skills, activities that can improve children's fine motor development, namely through plasticine games. The purpose of this study was to find out how the use of plasticine games in improving fine motor skills in early childhood at Rahmat Sigi Sidera Kindergarten, Central Sulawesi. The research method used is a qualitative approach, data collection techniques through observation, interviews, and documentation, data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. The research was carried out at Rahmat Sigi Sidera Kindergarten. The implementation of activities is carried out by following the time the learning activities take place, by observing the students. The results of this study indicate that: the use of plasticine games in improving fine motor skills in early childhood at Rahmat Sigi Sidera Kindergarten, Central Sulawesi, is always oriented to the needs of children, there are 3 stages before learning, namely: planning, implementation, and evaluation. Keywords: plasticine game, fine motor, early childhood
Published
2022-01-29
How to Cite
Hamzia Marie, & Febi Nursafitri. (2022). Penggunaan Permainan Plastisin Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Rahmat Sigi Sidera Sulawesi Tengah. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 32-46. https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.1.32-46
Section
Articles