Keterampilan Berpakaian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah I Palangka Raya

  • Nur Aida - IAIN Palangka Raya

Abstract

: Anak usia dini dikenal sebagai masa keemasan “golden age†disepanjang rentang usia perkembangan manusia. Dimasa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkunganya. Lingkungan menjadi faktor utama dalam membantu keterampilan bantu diri pada anak yang mana keterampilan bantu diri ini adalah salah satu cara terbaik dalam perawatan diri sendiri. Berpakaian adalah salah satu keterampilan bantu diri yang sering kali ditemui oleh anak dalam rutinitas sehari-hari. Keterampilan bantu diri dapat dikembangkan sejak sedini mungkin, akan tetapi pada jenjang usia 4-5 tahun anak sudah mulai mampu menerapkan keterampilan bantu diri untuk memenuhi kebutuhan dasar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpakaian  anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis data berupa, data reduksi, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpakaian pada anak usia 4-5 tahun masih belum terampil dalam mengenakan serta melepaskan pakaianya sendiri, misalnya seperti meresletingkan celana, mengancing baju, dan memakai kaos kaki hingga melepasnya. Oleh karena itu, hasil penelitian ini akan menjadi masukan bagi guru, orang tua dan sekolah agar dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Sehingga anak dapat memiliki keterampilan yang baik serta mandiri dalam hal berpakaian.
Published
2023-06-28
How to Cite
-, N. A. (2023). Keterampilan Berpakaian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah I Palangka Raya. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 24-30. https://doi.org/10.53515/cej.v4i2.5057
Section
Articles