Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus

  • Imroatul Lutfiyah IAIN Metro

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling tidak hanya diberikan kepada anak yang memiliki fisik dan mental yang normal, tetapi anak berkebutuhan khusus justru lebih membutuhkan layanan dan bantuan bimbingan konseling baik dari guru maupun dari konselor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan ataupun pemberian layanan bimbingan konseling untuk anak berkebutuhan baik di sekolah luar biasa mauoun di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan penelitian kepustakaan (library research) denganĀ  pendekatan deskripif kualitatif. Dengan adanya penelitian di dapat hasil yaitu setiap anak berkebutuhan khusus sangat rentan terhadap perbedaan individualistik dan setiap anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang memerlukan intervensi dari lingkungan perkembangannya. Guru bimbingan dan konseling sangat besar pengaruhnya dan penting dalam menggairahkan belajar siswa serta membantu menyelesaikan problema atau kesulitan belajar yang dihadapinya dalam mewujudkan program bimbingan dan konseling di sekolah.
Published
2023-06-28
How to Cite
Imroatul Lutfiyah. (2023). Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 127-137. https://doi.org/10.53515/cej.v4i2.5357
Section
Articles