Analisis Desain Ruang Belajar dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

  • Dwi Puji Astuti UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Desain ruang pendidikan adalah proses terpenting PAUD. Penataan ruang kelas adalah proses mengarahkan dan mengatur semua aspek kelas untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Perkembangan kognitif adalah proses penambahan keterampilan pada cara berpikir dan tingkat inteligensi atau kecerdasan. Pada dasarnya, desain ruang belajar merupakan salah satu poin terpenting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu perlu ditata ruang belajar yang menarik di PAUD. Desain ruang kelas yang menarik memudahkan anak belajar melalui bermain dan didorong oleh guru dalam enam bidang perkembangan, khususnya perkembangan kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan desain ruang belajar pembelajaran dan perkembangan kognitif anak usia dini. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memberikan nilai teoritis kepada pembaca, membantu menambah pengetahuan dalam menciptakan ruang belajar yang menarik, dan memberikan informasi tentang prinsip-prinsip dalam menciptakan ruang belajar yang menarik. Penelitian ini menggunakan literature review. Variabel penelitian ini dibagi menjadi dua variabelnya yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah desain penelitian yang menarik dan variabel terikatnya adalah perkembangan kognitif anak usia dini. Populasi penelitian menggunakan semua jurnal penelitian yang berkaitan dengan penataan ruang dan perkembangan kognitif anak usia dini. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah jurnal penelitian yang materi pokoknya adalah Merencanakan Ranah Pembelajaran yang Menarik dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Published
2024-01-31
How to Cite
Dwi Puji Astuti. (2024). Analisis Desain Ruang Belajar dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.53515/cej.v5i1.5419
Section
Articles