Analisis Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an Anak Di Tk Al-Qur’an Jauharul Wathon Muaro Jambi

  • Fenny Dahlia Putri Universitas Jambi
  • Haryanto
  • Masyunita Siregar

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang mendeskripsikan seberapa besar peran guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an anak di TK Al-Qur’an Jauharul Wathon Muaro Jambi. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan salah satu guru TK Al-Qur’an Jauharul Wathon Muaro Jambi, dimana sebagian besar anak sangat berminat untuk membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. Saat ini peran guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an pada anak juga tidak terlepas dari upaya guru. Terlebih anak usia dini yang notabene masih banyak sekali yang belum mampu memerlukan bimbingan yang lebih untuk menumbuhkan minat baca Al-Qur’an pada anak tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket) dan wawancara. Adapun dalam penentuan sampel penulis menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel, selanjutnya untuk menganalisis data pada penelitian ini digunakan rumus persentase dari hasil pengisian angket. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa analisis peran guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an anak secara umum berada pada kategori “Baik” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 71,92%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an anak di TK Al-Qur’an Jauharul Wathon Muaro Jambi memiliki peran yang baik dalam menumbuhkan minat membaca Al-Qur’an anak.
Published
2025-01-31
How to Cite
Fenny Dahlia Putri, Haryanto, & Masyunita Siregar. (2025). Analisis Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Al-Qur’an Anak Di Tk Al-Qur’an Jauharul Wathon Muaro Jambi. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 72-88. https://doi.org/10.53515/cej.v6i1.6395
Section
Articles