Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Asyiyah Bustanul Athfal Menggunakan Media Puzzle

  • Inka Adhuha Nur Fadilah Universitas Jambi
  • Lilis Karlina
  • Sri Winarti
  • Uswatul Hasni
  • Fitriana

Abstract

Anak usia dini atau yang disebut dengan golde age merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Usia anak usia dini dimulai dari 0-6 tahun, pada usia ini anak sangat perlu untuk diberi ransangan stimulasi yang baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ada dilapangan yaitu rendahnya tingkat kemampuan mengingat anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengn subjek 12 orang anak. Belajar melalui bermain merupakan cara yang efektif dan mudah diterima oleh anak. Bermain puzzle huruf dan angka merupakan salah satu cara yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari permainan puzzle huruf dan angka untuk dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat anak. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil peneilitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan mengingat setelah diberi media puzzle. Pada hasil penelitian siklus I pada kategori (BB) tidak ada (MB) terdapat 7anak, (BSH) terdapat 4 anak, (BSB) terdapat 1 anak. Pada hasil penelitian siklus II pada ketegori (BB) tidak ada, (MB) terdapat 2 anak, (BSH) terdapat 8 anak, (BSB) terdapat 2 anak. Dari perbandingan hasil siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa media puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengingat anak pada kelompok cery di TK Asyiyah Bustanul Athfal.
Published
2025-01-31
How to Cite
Inka Adhuha Nur Fadilah, Lilis Karlina, Sri Winarti, Uswatul Hasni, & Fitriana. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Asyiyah Bustanul Athfal Menggunakan Media Puzzle. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53-63. https://doi.org/10.53515/cej.v6i1.6422
Section
Articles