PENGARUH PERMAINAN MONOPOLI HEWAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 24 SUKA MAKMUR SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI

  • Dwi Setiana Universitas Jambi
  • Nyimas Muazzomi Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan monopoli Hewan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun kelompok B4 di TK Negeri 24 Suka Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan teknik the non-equaivalent control group design, yaitu desain penelitian yang menggunakan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok ini tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelompok B TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. Sampel yang digunakan dala penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B 4 dengan jumlah anak sebanyak 23 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, yaitu dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Peneliti menggunakan insrumen penelitian untuk mempermudah melakukan penelitian dengan menggunakan teknik observasi dengan skala likert. Peneliti menggunakan tes validasi isi untuk melakukan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan monopoli hewan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi tahun ajaran 2024/2025. Kemampuan berpikir simbolik anak meningkat setelah diterapkanya permainan monopoli hewa. Hal ini dapat dilihat melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample T Tes bahwa yang diperoleh adalah nilai signifikasi (2-tailed) 0,000< 0,05 dimana dapat diambil keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar t hitung 5,873 dan t tabel yaitu 1,68595 yang artinya t hitung > (lebih besar) dari t  tabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai 1,86 yang berada pada rentang dengan interpretasi kuat (strong effect).
Published
2025-06-30
How to Cite
Dwi Setiana, Nyimas Muazzomi, & Rizki Surya Amanda. (2025). PENGARUH PERMAINAN MONOPOLI HEWAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 24 SUKA MAKMUR SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 261-272. https://doi.org/10.53515/cej.v6i2.6791
Section
Articles