https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/issue/feed Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2025-07-01T03:43:50+00:00 Dr. Finadatul Wahidah fynadatulwahidah@gmail.com Open Journal Systems <p>Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini</p> <p>Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Pusat Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember yang bekerjasama dengan Kopertais 4 Surabaya.&nbsp;</p> <p>Adapun serial number Online ataupun Cetak Jurnal ini yaitu: e-ISSN:&nbsp;<strong>2716-2079&nbsp;</strong>dan p-ISSN:&nbsp;<strong>2721-0685</strong></p> <p>Jurnal ini merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Raudhatul Atfal, Taman Pendidikan Anak-Anak serta inovasi-inovasi pendidikan di Anak Usia Dini (AUD), dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis.</p> <p>Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam Setahun pada bulan <strong>Januari </strong>dan<strong> Juni</strong></p> <p>Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Naskah diketik dengan spasi 1,5 cm pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 20-25 halaman, 7000-9000 kata. Naskah yang masuk dievaluasi oleh dewan redaksi dan mitra bestari. Redaktur dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah substansinya.</p> <p>Alamat Redaksi: Jl. Manggar Gerbang Poreng 139A Patrang Jember. Telp. 0331- 412034, Fax. 0331-427490,48569,</p> <p>Email Jurnal:<strong> jurnalpiaudiaialqodiri@gmail.com&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6766 PENGEMBANGAN PERMAINAN MELOMPAT ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KELURAHAN MENDALO DARAT 2025-06-30T22:27:03+00:00 Fitria Ananda Putri fitriaanandaputri765@gmail.com Kasmiati kasmiatijambi963@gmail.com Asih Nur Ismiatun asihnurismi@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;"><strong>&nbsp;</strong>Berdasarkan hasil pra observasi awal di Tk Izzatul Islam,TK Puri Masurai II,TK Islam Qonita,Tk Negeri 15 Mendalo Darat dan Tk Fania Salsabila Barokah ditemukan masalah di kelas A yaitu rendahnya kemampuan anak mengenal angka sebab anak hanya dapat berhitung 1-10 dengan lisan namun anak tidak bisa menunjukan simbol angka yang melambangkanya saat di tanyakan oleh grru kembali. Selain itu anak masih kebingungan dalam mengurutkan lambang bilangan 1-10. Oleh karena itu tujuan penelitian untuk: (1) menghasilkan media permainan melompat angka. (2) menguji kelayakan nya dan (3) mengetahui respon guru mengenai media permainan melompat angka.&nbsp;Studi ini dikembangkan menggunakan model ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui angket validasi dari ahli materi dan media, serta angket respon 5 guru di Tk Izzatul Islam,TK Puri Masurai II,TK Islam Qonita,Tk Negeri 15 Mendalo Darat dan Tk Fania Salsabila Barokah. Analisis data bersifat kuantitatif dan kualitatif.&nbsp;Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pertama validasi materi oleh ahli materi diperoleh hasil 61%, tahap kedua dinyatakan layak digunakan dengan revisi dengan persentase kelayakan sebesar 86% dan tahap ketiga dinyatakan layak di gunakan tanpa revisi dengan persentase kelayakan 97%. Kemudian data hasil validasi ahli media diperoleh skor persentase sebesar 94% dan tahap validasi kedua memperoleh skor 100% dengan kategori sangat baik dan dinyatakan layak digunakan tanpa revisi. Media permainan melompat angka dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 92% berdasarkan data hasil uji coba kepraktisan oleh respon guru di Tk Izzatul Islam,TK Puri Masurai II,TK Islam Qonita,Tk Negeri 15 Mendalo Darat dan Tk Fania Salsabila Barokah menggunakan angket. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media permainan melompat angka yang dihasilkan tersebut layak dan praktis sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan berfikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Mendalo Darat.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6799 Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini: Edukasi Anak Usia Dini pada Tontonan Media Youtube 2025-07-01T03:16:10+00:00 Ika Juhriati ikajuhriati926@gmail.com Hamzia Marie hamsiamarie31@gmail.com Sri Nurhayati srinurhayati609@gmail.com Luluk Mukaromah lulukmukaromah743@gmail.com <p>Media youtube banyak dimanfaatkan oleh anak usia dini sebagai tontonan, hal ini karena media youtube memiliki banyak konten-konten menarik tentang dunia anak-anak. Maka tugas praktisi pendidikan anak usia dini adalah bagaimana dapat memilih konten dan tontotnan yang dapat menjadi edukasi untuk anak-anak dan dapat meningkatkan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang Psikologi Perkembangan Anak usia Dini pada Edukasi yang teradapat dalam tontonan konten media youtube. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif . Alasan peneliti memilih pendekatan ini adalah untuk mendalami secara detail tentang psikologi perkembangan anak melalui pendidikan yang ditawarkan oleh beberapa akun you tube yang memiliki konten-konten pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Youtube dapat dijadikan media pembelajaran menarik karena di media sosial youtube terdapat banyak pilihan konten-konten yang berisi edukasi pendidikan anak usia dini dan tentunya memiliki pengaruh terhadap psikologi perkembangan anak dalam hal ini seperti konten youtube Cocomelon, Bilal Cerita dan Lagu-lagu Anak Islami dan Nusa dan Rara.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6701 PENGARUH PERMAINAN ALAT PERKUSI MARAKAS TERHADAP KEMAMPUAN SENI MUSIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PEMBINA 1 KOTA JAMBI 2025-07-01T03:43:50+00:00 Salsabila Shahibah Amanullah salsabilashahibahamanullah@gmail.com Indra Gunawan indragunawan@unja.ac.id Masyunita Siregar masyunitas@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian&nbsp;ini&nbsp;bertujuan&nbsp;untuk&nbsp;mengetahui&nbsp;pengaruh&nbsp;permainan&nbsp;alat&nbsp;musik perkusi&nbsp;marakas&nbsp;terhadap&nbsp;kemampuan&nbsp;seni&nbsp;music&nbsp;anak&nbsp;5-6&nbsp;tahun&nbsp;di&nbsp;TK&nbsp;Pembina 1 Kota Jambi.&nbsp;Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.&nbsp;Adapun&nbsp;populasi&nbsp;yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pada seluruh anak yang ada di TK Pembina 1 kota jambi.&nbsp;Sampel dalam&nbsp;penelitian&nbsp;ini&nbsp;adalah&nbsp;anak&nbsp;kelas&nbsp;B1&nbsp;yang&nbsp;berjumlah&nbsp;19&nbsp;anak.&nbsp;Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis&nbsp;<em>teknik</em><em>&nbsp;</em><em>purposive</em><em>&nbsp;</em><em>sampling.</em>&nbsp;Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi,&nbsp;wawancara dan dokumentasi.&nbsp;Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik parametik.&nbsp;Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan adanya pengaruh signifikan pada penerapan permainan alat musik perkusi marakas terhadap kemampuan seni musik anak usia 5-6 tahun di TK Pembina 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2024/2025. Kemampuan Seni Musik anak lebih berkembang sesudah diterapkannya permainan alat musik perkusi marakas<em>.</em><em>&nbsp;</em>Hal&nbsp;ini&nbsp;bisa&nbsp;dilihat&nbsp;melalui&nbsp;hasil&nbsp;pengujian&nbsp;hipotesis&nbsp;uji&nbsp;t&nbsp;bahwa&nbsp;t&nbsp;hitung&nbsp;&gt;&nbsp;t&nbsp;tabel yaitu 27,262 &gt; 2,110 ini menunjukkan terdapat pengaruh permainan alat musik perkusi marakas&nbsp;terhadap&nbsp;kemampuan&nbsp;seni&nbsp;musik&nbsp;anak&nbsp;usia&nbsp;5-6&nbsp;tahun&nbsp;di&nbsp;TK&nbsp;Pembina&nbsp;1&nbsp;Kota&nbsp;Jambi.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6781 PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP LITERASI KESEHATAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PURI MASURAI II KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA 2025-07-01T03:43:18+00:00 Widi Amira Sandya Widiamirasandia2003@gmail.com Indryani indryani@unja.ac.id Asih Nur Ismiatun asihnurismi@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti dilapangan yang menunjukkan bahwa literasi kesehatan anak masih terdapat beberapa permasalahan di antaranya anak memiliki kebiasaan membawa jajan dari rumah yang kurang sehat seperti permen, coklat, mie intan, serta snack ringan dalam kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media <em>Busy Book</em>&nbsp;terhadap literasi kesehatan anak usia 5-6 tahun di TK Puri Masurai II Kecamatan Jambi Luar Kota.&nbsp;Penelitian ini menggunakan metode <em>Pre-Experimental Design</em>&nbsp;dengan bentuk <em>One Grup Pretest-Posttest Desig</em>n. Sampel pada penelitian ini yaitu 15 anak pada kelompok B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampling jenuh . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawacara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penelitian yang telah di uji validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan <em>Paired</em>&nbsp;Sampel Test.&nbsp;Hasil &nbsp;&nbsp;dari analisis data menggunakan pengujian &nbsp;hipotesis uji-t <em>Paired Samples </em>Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000&lt;0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi kesehatan anak usia 5-6 tahun TK puri Masurai II kecamatan Jambi Luar Kota pada data <em>pretest</em>&nbsp;dan <em>posttest</em>. Untuk melihat berapa besar pengaruhnya, dapat diketahui dengan perhitungan <em>effct size </em>menggunakan rumus <em>cohen’s</em>, besarnya pengaruh penggunaan media <em>Busy &nbsp;Book</em>&nbsp;terhadap literasi kesehatan anak usia 5-6 tahun di TK Puri Masurai II Kecamatan &nbsp;Jambi Luar Kota &nbsp;sebesar &nbsp;4,5. Hasil tersebut di dalam tabel krieria interpretasi nilai <em>cohen’s</em>&nbsp;termasuk &nbsp;kategori yang berefek kuat <em>(strong effect)</em>&nbsp;terhadap literasi kesehatan anak usia &nbsp;5-6 tahun. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan &nbsp;media <em>Busy Book</em>&nbsp;Berpengaruh &nbsp;positif terhadap literasi &nbsp;kesehatan anak usia 5-6 tahun di TK Puri Masurai II Kecamatan Jambi Luar Kota.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6772 Meluruskan Miskonsepsi PAUD: PAUD Bukan Tempat Menghafal dan Belajar Calistung 2025-07-01T00:48:04+00:00 Shelvira Amanda Putri shelviraputri1@gmail.com Setiyo Utoyo setiyo.utoyo@fip.unp.ac.id <p style="font-weight: 400;">Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan anak secara menyeluruh, mencakup perkembangan kognitif, emosional-sosial, motorik, bahasa, dan moral. Pada rentang usia 0 hingga 6 tahun, anak membutuhkan rangsangan yang sesuai dengan tahap perkembangannya melalui aktivitas bermain yang menyenangkan dan bermakna. Namun, kenyataannya masih banyak masyarakat yang salah paham dengan menganggap PAUD sebagai tempat mempercepat kemampuan akademik seperti membaca, menulis, dan berhitung (calistung). Pandangan keliru ini menimbulkan tekanan terhadap anak untuk mencapai prestasi akademik sejak dini, yang dapat mengganggu keseimbangan emosional dan sosial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur dan kajian pustaka guna menelaah pemahaman orang tua dan pendidik mengenai peran PAUD serta praktik pembelajarannya. Temuan menunjukkan adanya ketimpangan antara kebijakan pendidikan nasional yang menekankan pendekatan bermain dengan praktik pembelajaran yang cenderung akademik. Oleh sebab itu, dibutuhkan edukasi menyeluruh bagi orang tua, peningkatan kapasitas guru, serta penguatan peran lembaga PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah anak, selaras dengan tahap perkembangan, dan bebas dari tekanan akademik yang terlalu dini<strong>. </strong></p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6778 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDLESS PICTURE BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL-AZKA KOTA JAMBI 2025-06-30T22:28:10+00:00 Delvia Nurvitasari delviaantsa99@gmail.com Indryani indryani@unja.ac.id Asih Nur Ismiatun asihnurismi@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian Pengaruh Penggunaan Media Wordless Picture Book Terhadap Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi yang belum berkembang secara optimal diantaranya yaitu anak baru mampu menceritakan gambaran tokoh utama namun belum mampu menginterpretasikan detail gambar lain yang ada dalam buku cerita, anak belum mampu bercerita secara runtut atau masih terbolak-balik, dan anak belum mampu memahami makna atau konsep-konsep dalam buku cerita. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media <em>wordless picture book</em>&nbsp;terhadap kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi, dengan fokus pada menyesuaikan cerita dengan gambar, menceritakan gambar sesuai dengan urutannya kemudian mengaitkan dengan pengalaman/imajinasinya, menyusun kalimat sederhana saat bercerita dan memahami konsep-konsep dalam buku cerita.&nbsp;Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pre-eksperimental <em>one group pretest-posttest design. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi, dengan sampel sebanyak 16 &nbsp;anak dari kelompok B3 yang dipilih berdasarkan pertimbangan kemampuan bercerita yang lebih rendah dibandingkan kelompok lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi dan menggunakan instrument penelitian yang telah divalidasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.&nbsp;Berdasarkan hasil analisis penelitian menggunakan uji <em>wilcoxon signed rank test </em>diketahui bahwa niali Z adalah -3,533 dengan nilai signifikaisnya <em>(Asymp. Sig. 2-tailed)</em>&nbsp;0,000 &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh penggunaan media <em>wordless picture book</em>&nbsp;dapat dilihat dari <em>effect size</em>&nbsp;Cohen’s d yaitu [<em>d</em>&nbsp;= 4,41 ] yang menunjukkan bahwa penggunaan media <em>wordless picture book</em>&nbsp;memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan bercerita anak usia dini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Azka Kota Jambi pada data <em>pre-test</em>&nbsp;dan <em>post-test</em>.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6791 PENGARUH PERMAINAN MONOPOLI HEWAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 24 SUKA MAKMUR SUNGAI BAHAR KABUPATEN MUARO JAMBI 2025-06-30T22:28:24+00:00 Dwi Setiana dwiisetianae000@gmail.com Nyimas Muazzomi nyimas.muazzomi@unja.ac.id Rizki Surya Amanda rizkisurya@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan monopoli Hewan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun kelompok B4 di TK Negeri 24 Suka Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.&nbsp;Desain penelitian yang digunakan adalah <em>Quasi eksperimen</em>&nbsp;<em>design</em>&nbsp;(eksperimen semu) dengan teknik<em>&nbsp;the non-equaivalent control group design</em>, yaitu desain penelitian yang menggunakan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok ini tidak dipilih secara random.&nbsp;Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelompok B TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. Sampel yang digunakan dala penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelompok B 4 dengan jumlah anak sebanyak 23 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode <em>non-probability sampling</em>, yaitu dengan cara <em>purposive sampling</em><em>. </em>Teknik pengumpulan data dengan observasi. Peneliti menggunakan insrumen penelitian untuk mempermudah melakukan penelitian dengan menggunakan teknik observasi dengan skala <em>likert.</em><em>&nbsp;</em>Peneliti menggunakan tes validasi isi untuk melakukan penelitian ini.&nbsp;Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan monopoli hewan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi tahun ajaran 2024/2025. Kemampuan berpikir simbolik anak meningkat setelah diterapkanya permainan monopoli hewa. Hal ini dapat dilihat melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample T Tes bahwa yang diperoleh adalah nilai signifikasi (2-tailed) 0,000&lt; 0,05 dimana dapat diambil keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar t hitung 5,873 dan t tabel yaitu 1,68595 yang artinya t hitung &gt; (lebih besar) dari t &nbsp;tabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai 1,86 yang berada pada rentang dengan interpretasi kuat (<em>strong effect).</em></p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6842 MENGEMBANGKAN KOGNITIF DAN MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI HAFALAN HADITS DENGAN GERAKAN 2025-06-30T22:27:56+00:00 Anita Fitriya anitafitiya@gmail.com <p>Early Childhood Education Learning Process Is a part of pre-school education whose learning is directed at the development of students. Early childhood education occupies a significant position because this period is the determining age, therefore it is called the (Golden Age). Efforts to improve the quality of early childhood education so that it runs optimally require interesting and educational learning strategies in stimulating the development of early childhood, especially in motoric and cognitive development.</p> <p>The focus of this study is classified into three parts, 1) How are the steps in developing cognitive and motoric early childhood through memorization of hadith with movement, 2) What is the impact of memorization of hadith based on movement on early childhood.</p> <p>The research approach uses qualitative and the type of research design is based on case studies. In this study, researchers used the Purposive Sampling technique to determine informants. Data collection techniques in this study were participant observation, semi-structured interviews, and documentation. Data analysis used the Miles &amp; Huberman qualitative research model, namely: a. Data reduction, b. Data presentation (data display) c. Drawing conclusions (verification).</p> <p>The results of the study indicate that 1) the steps to develop cognitive and motor skills of early childhood through memorizing hadith with movement are the preparation of hadith in RPPH, implementation in the classroom and evaluation after the end of learning. 2) The impact of memorizing hadith based on movement a) makes it easier for children to memorize, b) gets children used to always behaving well and is applied in everyday life. c) balances the right brain and left brain of children. d) and develops children's cognitive and physical motor skills e) children are more enthusiastic in memorizing.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6812 PENGARUH PERMAINAN BINGO TERHADAP PERKEMBANGAN KEAKSARAAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK NEGERI 24 DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN SUNGAI BAHAR 2025-06-30T22:28:04+00:00 Marta Sirait martasirait104@gmail.com Nyimas Muazzomi nyimas.muazzomi@unja.ac.id Sri Indriani Harianja sriindrianiharianja@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh dari permainan bingo terhadap perkembangan keaksaraan anak usia 4-5 tahun di Tk Negeri 24 Desa Suka Makmur Kecamatan Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif.&nbsp;Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian <em>Quasi Experimental Design</em>&nbsp;(eksperimen semu) dengan rancangan <em>non-equivalent control group design</em><em>. </em>Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok A TK Negeri 24 Desa Suka Makmur Kecamatan Sungai Bahar yang terdiri dari&nbsp;27 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>nonprobability</em><em>&nbsp;</em><em>sampling</em><em>&nbsp;</em>dengan jenis <em>purposive sampling</em><em>. </em>Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik observasi (pengamatan langsung)&nbsp;dan menggunakan skala <em>likert.</em><em>&nbsp;</em>Peneliti menggunakan tes validasi isi untuk melakukan penelitian ini.&nbsp;Adapun hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media permainan bingo terhadap perkembangan keaksaraan anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan skor <em>pretest </em>dan <em>posttest</em>&nbsp;pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana hasil <em>pretest </em>yang diperoleh 13,92 dan <em>posttest </em>21,23 pada kelas kontrol sedangkan pada kelas eksperimen yaitu hasil <em>pretest</em>&nbsp;nya adalah 14,57 dan <em>posttest </em>28,71. Hasil tersebut didasarkan dari analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t <em>independent sample test pretest </em>dan <em>posttest </em>(uji t). Analisis ini diperoleh dari nilai Sig. (2-<em>tailed</em>) 0,000 &lt;0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dengan demikian hipotesis penelitian berbunyi ”Terdapat pengaruh penggunaan media permainan bingo terhadap perkembangan keaksaraan anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur”.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6675 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN 2025-07-01T01:51:49+00:00 Elisa Fatma Zuziah safatma72@gmail.com Indryani indryani@unja.ac.id Uswatul Hasni uswatulhasni@unja.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media <em>big book</em>&nbsp;yang layak untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun dan mengetahui respon guru terhadap media <em>big book</em>&nbsp;untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau RnD dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan yang dilakukan yaitu: (1) Tahap <em>Analysis</em>, (2) Tahap <em>Design, </em>(3) Tahap Development, (4) Tahap <em>Implementation</em>&nbsp;dan (5) Tahap <em>Evaluation</em>. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket respon guru. Subjek penelitian ini terdiri dari 14 guru dari empat sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif.&nbsp;Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses akhir validasi ahli materi memperoleh skor persentase yaitu 100% dengan kriteria “sangat baik” dan validasi media memperoleh skor sebesar 100% dengan kriteria “sangat baik”, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap implementasi dan uji coba kelompok besar dan kelompok kecil. Media <em>big book</em>&nbsp;dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kepraktisan melalui angket oleh guru dengan persentase kepraktisan sebesar 88,33% pada uji kelompok besar dan 88,19% pada uji kelompok kecil. Dengan demikian, maka disimpulkan bahwa media <em>big book</em>&nbsp;yang dihasilkan layak dan praktis sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun.</p> 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/CEJ/article/view/6832 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP PENGETAHUAN EDUKASI SEKS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 7 MINGKUNG JAYA KEC.SUNGAI GELAM KAB.MUARO JAMBI 2025-06-30T22:24:53+00:00 Riski Kurniawati riskikurniawati463@gmail.com Indryani indryani@unja.ac.id Uswatul Hasni uswatulhasni@unja.ac.id 2025-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025