Optimalisasi Program Lingkungan Bersih Melalui Pembuatan Tempat Sampah

  • Ahmad Musaddad STAI Cendekia Insani
  • Faizatun Nisa’ STAI Cendekia Insani
  • Maghfirotul Jannah STAI Cendekia Insani
  • Hosiyatun Hotimah STAI Cendekia Insani
  • Lutfia Ningsih STAI Cendekia Insani
Keywords: Optimalisasi, Program Lingkungan Bersih, Pembuatan Tempat Sampah

Abstract

       Lingkungan bersih dan sehat sangat berdampak besar bagi kelangsungan hidup masyarakat terutama bagi kesehatan. Maka dari itu kitaharus menerapkannya mulai dari sedini mungkin. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menciptakan program lingkungan bersih dengan tujuan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat. Program ini diinisiasikan oleh pemerintah desa Kayumas namun tidak berjalan secara optimal. Kami mahasiswa KKN STAI Cendekia Insani berusaha memfasilitasi supaya program tersebut dapat terlaksana lagi dan mencapai tujuan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Disini kami memiliki tiga tahapan untuk menyelesaikan masalah dari program tersebut yakni tahap awal (observasi), tahap kedua (implementasi) dan tahap ketiga (evaluasi).

References

Azwar A. (1979). Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. PT Mutiara Sumber Daya.
Christopher Dureau. (2013). Pembaru Dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan, TT: Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme. (ACCESS) Phase II.
Iswand. (2012). Ekologi Dan Ilmu Lingkungan. UNP Press,.
Nazaruddin. (2014). Nazaruddin, ‘Analisis Perilaku Masyarakat Dalam Menciptakan Kebersihan Lingkungan Di Kota Pekanbaru.
Rohmah, S. N. (2017). Konsep Kebersihan Lingkungan Prespektif Pendidikan Islam. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga.
Salahuddin, N. (2015). Panduan KKN ABCD UIN Sunan Ampel Surabaya Asset Based Community-Driven Development (ABCD). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Setiawan dan Dyah Setyorini Afif Amir Amrullah. (2017). ‘Optimalisasi Kebersihan Perseorangan/Personal Hygiene Bagi Masyarakat Pedesaan Di Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.
Published
2021-01-02
Section
Articles