EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FITUR ZOTERO PADA GOOGLE DOCS DALAM KOLABORASI PENULISAN DOKUMEN(STUDI KASUS PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA MATA KULIAH E-OFFICE KELAS A MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN AMPEL SURABAYA)

  • Ina Ianah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sitti Zuhrotul Fadilah Harvah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Aini Santi Kurnia Dewi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Ma'rifatun Noviyanti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Tashfiyatul Qodriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Febrianti Eka Cahyanarah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hana Putri Puji Astuti UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: google docs, kolaborasi, penulisan dokumen, zotero

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana mahasiswa mampu bekerjasama secara kolaboratif dan berhasil mengkomunikasikan pemahaman mengenai teknik penggunaan zotero kedalam sebuah tulisan yang diekspresikan melalui Google Docs. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Objek yang akan diteliti adalah mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 2018 dan sampel yang akan di ambil sejumlah 37 anak dari kelas Manajemen Pendidikan Islam A. Hasil penelitian adalah pembelajaran di Kelas Mata Kuliah E-Office A dilakukan secara daring, salah satunya mengenai tugas membuat sebuah buku. Jelas pembelajaran secara daring mengalami kesulitan, tetapi dengan adanya google docs dan fitur zotero sangat memudahkan mahasiswa dalam melakukan kolaborasi penulisan dokumen hanya melalui satu link.

References

Aidid, M. K., Bustan, M. N., & Statistika, P. (n.d.). Manajemen Referensi dengan Aplikasi Zotero. 3.
Benastey, J. (n.d.). Penggunaan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembelajaran. 5.
Dwiningsih, K. (2019). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Dan Penelitian Bagi Guru Sma Melalui Pelatihan Pemanfaatan Software Zotero. 6.
Jakaria, M. H. D. (n.d.). Implementasi Google Docs Sebagai Media Pembelajaran Kolaboratif: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Teori Belajar Dan Pembelajaran Matematika Di Iain Jember. 6.
Nuraini, M. W. (2020). Analisis Perbandingan Aplikasi Manajemen Referensi Zotero 5.0.66. Dan Endnote X9. Publication Library and Information Science, 3(2), 80. https://doi.org/10.24269/pls.v3i2.2112
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah UPI Tahun 2015. (n.d.). 103.
Pratikno, A. S., & Sumantri. (2018). Adopsi Artificial Intelligence pada Pengawasan dan Evaluasi Kinerja Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35427.20003
Sesmiarni, Z. (2016). Model Brain Based Teaching Sebagai Transformasi Paradigma Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 93. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1059
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Supriyatno, H. (2018). Pemanfaatan Zotero dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Pustakawan. 2(1), 16.
Tobing, D. H., Herdiyanto, Y. K., Astiti, D. P., Rustika, I. M., Indrawati, K. R., Vembriati, N., Widiasavitri, P. N., & Budisetyani, P. W. (n.d.). METODE PENELITIAN KUALITATIF. 42.
Published
2024-02-29
Section
Articles