IMPLEMENTASI PENGGUNAAN EQUATION PADA GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA STUDI KASUS PRODI MPI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

  • melynia wulaningsih putri hariono UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ainun Umrotul Hajjah Alfaini UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dita Wulandari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ismi Rohmattul Muslimah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Tari Satul Lailiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Viola Nur Meilani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rif"atul Azizah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Equation, Google Docs, Implementasi, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan google document sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa studi kasus manajemen pendidikan Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian 20 mahasiswa dari prodi manajemen pendidikan Islam. Hasil penelitian ini dapat diterapkan sebagai media pembelajaran keterampilan menulis dengan memanfaatkan fitur equation pada google document yang menyatakan bahwa media pembelajaran ini mudah digunakan. Dengan demikian adanya equation rumus-rumus yang rumit dapat dibuat dan diselesaikan dengan mudah, efisien, dan cepat.

References

Hidayat, F. N. (2011). Fasilitas Google untuk Membuat Naskah Matematika Secara Online. 6.
Jakaria, M. H. D. (n.d.). IMPLEMENTASI GOOGLE DOCS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOLABORATIF: STUDI KASUS PADA MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI IAIN JEMBER. 6.
Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. 1(1), 22.
Liantoni, F., Arief, R., Rozi, N. F., & Sodik, A. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Melalui Pelatihan Kuliah Online Bagi Dosen. 6.
Mardina, R. (n.d.). POTENSI DIGITAL NATIVES DALAM REPRESENTASI LITERASI INFORMASI MULTIMEDIA BERBASIS WEB DI PERGURUAN TINGGI. 11(1), 11.
Musa, M. I. (2016). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS DALAM MEWUJUDKAN TENAGA GURU YANG PROFESIONAL. 2, 20.
Pratama, R. A. (2016). PEMANFAATAAN EQUATION EDITOR DALAM PENULISAN NOTASI MATEMATIKA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS BALIKPAPAN. 10.
Primawati, A. (2015). ANALISIS PEMANFAATAN GROUPWARE GOOGLE DRIVE UNTUK PENYELESAIAN TUGAS KELOMPOK SISWA. 7.
Sarwono, J. (n.d.). PENGERTIAN DASAR STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). 10(3), 10.
Syafwan, H., & Dermawan, A. (2018). MENJADI GURU MAHIR MICROSOFT OFFICE PADA SEKOLAH SMA TAMAN SISWA SUKADAMAI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 6.
Published
2020-03-29
Section
Articles