Pelatihan Tutor Sebaya Penggunaan Fitur Column Google Doc Pada Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Di Uin Sunan Ampel Surabaya

  • Febriana Kurnia Dewi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mellyana Eka Fitriani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Rohma UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Wardatul Karimah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Heri Yanto UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nabilah Permata Budi UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Fitur column google doc, Mahasiswa Manajemen Pendidikan Isla, Tutor Sebaya

Abstract

Penggunaan google dokumen tidak semua dari kalangan mahasiswa mahir menggunakannya, urgensi adanya pelatihan tutor sebaya dalam penggunaan google dokumen terutama pada fitur column agar meningkatkan wawasan terhadap mahasiswa MPI lainnya. Para mahasiswa tidak lagi mengalami kesulitan dan jauh lebih mudah mengatasi kesulitan belajar dalam penggunaan fitur kolom google doc karena belajar bersama teman sebaya yang jauh lebih nyaman dan tidak canggung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan mengumpulkan data-data kualitatif yang bersifat studi kasus pelatihan yang dilakukan oleh tutor sebaya penggunaan fitur column google doc pada mahasiswa MPI (Manajemen Pendidikan Islam) di UIN Sunan Ampel Surabaya, baik melalui dokumen maupun hasil wawancara yang telah dilakukan sebelumnya. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara.

References

Add or delete columns in a document—Computer—Docs Editors Help. (n.d.). Retrieved December 2, 2020, from https://support.google.com/docs/answer/7029052?co=GENIE.Platform%3DDesktop&hl=en
Ahdiyat, M., & Sarjaya, S. (2015). Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengolahan Data. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.141
Anggorowati, N. P. (2011). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. 18.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Clarkson, B., & Luca, J. (n.d.). Promoting student learning through peer tutoring—A case study. 7.
Gavin, B. (n.d.). How to Create Multiple Columns in Google Docs. How-To Geek. Retrieved December 2, 2020, from https://www.howtogeek.com/399434/how-to-create-multiple-columns-in-google-docs/
Gumilang, G. S. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF DALAM BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING. 2(2), 16.
Maharsi, S. (n.d.). PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP BIDANG AKUNTANSI MANAJEMEN. Jurnal Akuntansi, 2(2), 11.
Malla, H. A. B. (2020). MAKSIMALISASI GOOLE DOKUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA. 5(1), 10.
Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. (n.d.). Retrieved November 30, 2020, from https://www.kajianpustaka.com/2019/09/metode-pembelajaran-tutor-sebaya.html
Nim, K. M. S. (n.d.). PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK. 59.
Noviyanti, M. (2011). PENGARUH MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA TUTORIAL ONLINE BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATAKULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan, 12(2), 80–88. https://doi.org/10.33830/jp.v12i2.494.2011
Pormes, R., & Utomo, W. H. (n.d.). ANALISIS PERBANDINGAN CLOUD DOCUMENT PADA EYEOS DAN GOOGLE DOCS. 4.
Yuristia, A. (n.d.). PENDIDIKAN SEBAGAI TRANSFORMASI KEBUDAYAAN. 13.
Published
2021-01-05
Section
Articles