Pendampingan Hafalan Jus Amma Dengan 4 Metode

  • Halimatus Sa’diyah STAI Cendekia Insani
  • Anisatul Badriya STAI Cendekia Insani
  • Ikmawati Ikmawati STAI Cendekia Insani
  • Khoiriyatun Nisa STAI Cendekia Insani
  • Putri Kartika STAI Cendekia Insani
  • Ulfatul Qomaria STAI Cendekia Insani
Keywords: Metode Jami’, Metode Sima’i, Metode Wahdah, Talaqqi, Metode Muroja’ah, Taqrir

Abstract

Masyarakat di desa Kayumas memiliki minat yang tinggi dalam belajar, namun daya pemahaman mereka yang masihtergolong kurang, para santri sangat antusias dalam menerima pembelajaran dari kami, begitupula dengan para ustadz ustadzahyang sangat mendukung program kami untuk mengajar para santrinya. Lalu solusi yang kami tawarkan adalah menghafal surat–surat pendek dalam Al Qur’an atau biasa dikenal dengan Juz ‘Amma. Dalam meningkatkan keefektivitasan hafalan Al-Qur’an diMushollah Nurul Huda kami menggunakan 6 metode diantaranya: Untuk anak yang masih Iqra’ menggunakan metode Jami’,Sima’i, Talaqqi, Muroja’ah dan Taqrir. Sedangkan untuk santri yang sudah bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benarmenggunakan metode Wahdah, Talaqqi, Muroja’ah Dan Taqrir. Dengan 6 metode tersebut anak santri dari 2 kategori mengalamikemudahan dalam menghafal jus amma sampai 70%.

References

http://digilib.uinsby.ac.id/17329/5/Bab%202.pdf tgl 27okt2020.
http://eprints.walisongo.ac.id/4034/3/103111101_bab2.pdf tgl 27okt2020.
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/21329/6.%20BAB%20II.pdf?seque
nce=6&isAllowed=y tgl 27okt2020.
http://digilib.uin-suka.ac.id/3211/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
tgl 27okt2020.
http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1456/1/skripsi.pdf tgl 27okt2020.
file:///C:/Users/ACER/Downloads/1510-3235-1-SM.pdf tgl 27okt2020.
http://etheses.uin-malang.ac.id/5140/1/11110107.pdf tgl 27okt2020.
Syarifuddin, ahmad. 2004. Mendidik anak membaca, menulis dan mencintai Al-Qur'an. Gema
insani.
Sudirman, N. (1991). Ilmu Pendidikan.
Sudirman, N. (1991). Ilmu Pendidikan.
Published
2021-02-07
Section
Articles