Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTS Negeri 1 Probolinggo Dengan Mts Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Abstrak

  • Umar Manshur Universitas Nurul Jadid
Keywords: Strategi, Kepala Madarasah, dan Kinerja Guru

Abstract

Tulisan ini menyajikan tentang strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru.Metodologi penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian penelitian lapangan. Lokasi penelitian adalah di MTs Negeri 1 Proboliggo dan MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Metode pengumpulan data yaitu obervasi, interview, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sangat efektif, hal itu terlihat pada peran kepala madrasah dalam mengontrol, menyusun program, mengorganisasikan kegiatan, menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif di lingkungan madrasah, membangun hubungan kerjasama yang harmonis, mendorong semangat guru agar terus mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran, dan  melakukan evaluasi pada setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan.kepemimpinan seperti ini akan menjadikan guru memiliki kreativitas dan inovasi kerja,  sehingga para kinerja guru akan lebih meningkat dengan baik.
Published
2020-09-20
How to Cite
Manshur, U. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTS Negeri 1 Probolinggo Dengan Mts Nurul Jadid Paiton Probolinggo: Abstrak. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(2), 138-147. https://doi.org/10.54471/njis.2020.1.2.138-147
Section
Articles